Kalau sobat kira ini adalah artikel tentang cara memiliki wajah cantik natural, bukan loh. Kalau sobat ingin memotret model sobat dengan wajah cantik natural dan glowing ala-ala iklan makeup ataupun iklan klinik estetika perawatan wajah yang biasa dipasang di papan iklan besar di jalan, sebenarnya sobat bisa bikin juga, kok. Rahasianya satu : lighting.

 

Baca juga : Tips dan Seluk Beluk High-Speed Sync

 

Hal pertama yang sobat lakukan adalah tentu saja, koordinasi dengan tim make-up serta hair do untuk menciptakan natural glow sebelum pemotretan. Entah itu dari highlight maupun contouring, let them do their thing.

 

Yang kedua, langsung deh sobat bermain dengan lighting. Sebenarnya, wajah cantik natural dan glowing ini bisa diciptakan dengan beberapa modifier lighting yang banyak. Bisa dari white beauty dish seperti payung parabolic silver atau payung biasa. Untuk latar belakangnya, benar-benar terserah sobat deh. Hanya saja, kalau menggunakan latar belakang putih, taruh model di depan semacam softbox kotak atau parabolic silver. Jadi, ketika sobat mengambil foto, bisa benar-benar mendapatkan latar belakang putih yang bagus dan cantik.

 

Baca juga : Kamera Polaroid OneStep 2 Kini Dilengkapi Fitur Bluetooth

 

Sobat bisa ganti warna backdrop, atau hanya menggunakan cahaya untuk menciptakan cahaya abu-abu cantik di belakang model sobat. Nah, untuk artikel ini, kita akan menggunakan parabolic softbox dibelakang dan cahaya utama kita adalah white beauty dish.

 

Baca juga : Canon meluncurkan Kamera Full-Frame Mirrorless serta Lensa EOS R

 

Ketika model sobat sudah masuk set, berikan kursi aluminum untuk tempat duduknya. Tempatkan model sobat 6-8 inci dari parabolic softbox dengan strobe 300-watt-per detik dengan kekuatan 1/16. Tempatkan cahaya utama sebanyak 3-4 kaki dari model dan tempatkan ditengah, sedikit keatas dari eye level. Biarkan beauty dish kosong dan atur cahaya ke 1/2. Di samping model, tempatkan V-Flats hitam untuk menghentikan efek yang tidak diinginkan.

Cara Ciptakan Wajah Cantik Natural dan Glowing dengan Permainan Lighting
Sumber : Peta Pixel/Rodney T. Ager Jr

Sebenarnya beauty dish ini merupakan musuh dalam selimutnya para fotografer, nih. Ini karena cahaya biasanya jatuhnya terlalu kasar. Jadi, ketika menggunakan softbox, sobat bisa dapat cahaya yang lebih halus, begitu juga dengan bayangan yang dihasilkan. Namun, beauty dish memiliki highlight seperti batang hidung, bawah hidung – tepat diatas bibir, dan dibawah mata. Cahaya-cahaya ini benar-benar yang dikejar para fotografer “kecantikan” dunia, loh!

Cara Ciptakan Wajah Cantik Natural dan Glowing dengan Permainan Lighting
Sumber : Peta Pixel/Rodney T. Ager Jr

Untuk editing (oh ya, jangan lupa memotret dalam format RAW, ya!), tinggal ubah color grading saja. Gimana? Seru kan? Selamat mencoba!

Cara Ciptakan Wajah Cantik Natural dan Glowing dengan Permainan Lighting
Sumber : Peta Pixel/Rodney T. Ager Jr