Jaman sekarang siapa sih yang tidak kenal dengan kata ‘vlogging’? Sebuah perpaduan kata video blog ini memiliki arti catatan sehari-hari menggunakan video. Tentu dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, tidak sediki orang-orang yang ingin mencoba membuat vlognya sendiri.

Membuat sebuah vlog yang nantinya menjadi hiburan khalayak luas kian menjadi profesi yang diminati. Bagaimana tidak? Seorang vlogger Youtube bisa meraup uang hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya, belum lagi ketenaran yang didambakan semua orang. Menjadi kaya dan terkenal dengan cara yang mudah tentu membuat orang bertanya-tanya dan kepo untuk menjalaninya.

Namun, menjadi seorang vlogger harus berani menyiapkan banyak hal. Mulai dari peralatan video yang kece, kalian juga harus berani menjadi pribadi yang menarik.

Simak tips-tips berikut dalam memulai karir vlogging kalian:

Pelajari Dasar-Dasar Pengambilan Gambar

Dengan peralatan video yang tepat, belum tentu kalian bisa mengambil gambar yang tepat pula. Agar tidak kecewa dan terkesan asik, kalian harus belajar tenik-teknik dasar agar video kalian jernih dan sedap dipandang. Perhatikan aspek-aspek kamera seperti ISO, aperture, exposure, dan lain-lain untuk mendapatkan gambar yang pas.

Belajar Public Speaking

Menjadi seorang vlogger tentu mengharuskan kalian untuk menjadi pribadi positif yang menarik banyak orang. Untuk itu, kalian bisa memulai untuk belajar cara berbicara yang akan membuat orang-orang betah untuk menonton vlog kalian. Jangan lupa untuk pede dalam berbicara dan pancarkan inner beauty kalian.

Branding Yourself

Sama seperti berbisnis, tentu kalian harus bisa menentukan tema utama apa yang menjadi interest kalian. Tidak lupa untuk menyesuaikan tema dengan target penonton agar vlog kalian tidak salah sasaran. Teruslah menjadi seorang vlogger yang menebar positive vibes!

Pahami Editing Video Sederhana

Tentu setelah mengambil banyak footage vlog, langkah berikutnya adalah mengedit video kalian menjadi sebuah kesatuan yang sudah terseleksi. Pilihlah aplikasi-aplikasi editing yang cocok dengan kalian, misalnya Adobe Premiere Pro, Ulead, hingga Splice. Kini sudah tersedia banya sekali jenis editor video yang tersedia untuk computer bahkan smartphone sekaligus.

 

Vlog yang menarik tidak harus bercerita tentang perjalanan panjang saat di luar negri, ataupun pamer saat makan di restoran mewah, kalian juga bisa mengambil tema sehari-hari seperti make up atau membuat life hack untuk mengisi vlog kalian.

Nah, dengan mengenali tips-tips untuk menjadi seorang vlogger handal tentu kini kalian bisa mencoba untuk nge-vlog.