vlogger pemula
Freepik by tirachardz

Vlog alias video blog kini memang sedang menjamur lalu lalang di berbaga linimasa internet. Bentuk hiburannya pun macam-macam, mulai dari travelling, kuliner, gosip, bahkan cerita horror. Nah, pasti dong satu di antara kalian bermimpi menjadi vlogger yang bisa menghibur banyak orang, plus kalian juga mendapatkan pemasukan pasif dari situ. Say no more! Disini bakalan kita kupas habis secara singkat padat dan jelas untuk kalian para vlogger pemula yang ini memulai vlog kalian sendiri.

Utamanya sih, kalian harus paham dengan beragam teknik kamera yang baik, syukur-syukur kalau kamera kalian cukup canggih sehingga pengaturan auto-nya pun sudah cukup kece. Selanjutnya hal terpenting adalah memahami salah satu basic dari videografi, yaitu pergerakan kamera. Tentu para vlogger pemula tidak terlalu asing dengan hal ini kan ya?

Pergerakan kamera itu bisa banget kalian perhatikan serta tiru dari influencer atau youtuber favorit kalian. Ada banyak pergerakan kamera yang bisa kalian sesuaikan dengan style ataupun tema vlog kalian nih.

Baca Juga : Warna-Warni Ragam Style Food Photography Yang Indah Dipandang Mata

Jenis-jenis pergerakan kamera yang wajib diketahui oleh para vlogger pemula:

Panning

Kamera statis tertancap di tripod, pergerakannya hanya menoleh kanan ke kiri atau sebaliknya. Pergerakan kamera yang satu ini sangat cocok untuk vlog review maupun unboxing, karena bisa memperlihatkan barangnya secara detail.

Tilting

Sama seperti panning, namun pergerakan kamera hanya menoleh ke atas dan ke bawah. Bisa menjadi variasi dari vlog review dan unboxing.

Crab

Kamera bebas dari tripod, pergerakannya ke kanan maupun ke kiri. Pergerakan kamera ini aktif namun tidak banyak, sehingga cocok untuk vlog daily life.

Crane

Sama seperti crab, namun pergerakannya dari atas ke bawah. Bisa menjadi variasi untuk vlog daily life.

Following

Kamera bebas mengikuti objek video. Tentu pergerakan kamera yang satu ini sangat cocok untuk vlog travelling, karena bisa memberikan efek penontonnya seperti jalan-jalan mengikuti objek video. Sangat umum digunakan di vlog-vlog yang viral, namun diperlukan stabilizer agar gerakan kameranya terlihat mulus.

Baca Juga : Lima Vlogger Indonesia Inspiratif Yang Kontennya Wajib Untuk Disimak

Nah, simple banget kan pastinya? Membuat vlog itu tidak sesusah yang kalian pikirkan kok. Dengan memahami pergerakan kamera seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, para vlogger pemula pasti bisa menyajikan vlog yang asyik.