tips videografi

Menerapkan beberapa teknik vidografi dalam sebuah video bukanlah hal yang mudah. Plus, kondisi lapangan yang mungkin tidak sesuai ekspektasi menjadi faktor penghambat yang membahayakan bagi para pemula. Berikut ini beberapa tips videografi yang dapat diaplikasikan saat pengambilan video.

  1. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Saat kamu merekam wawancara atau pidato, pastikan untuk memperhatikan apa yang ada di belakang objek. Kamu dapat memindahkan kamera untuk mendapatkan sudut terbaik, memindahkan subjek di depan latar belakang yang baik, atau membuat latar belakang baru. Apakah latar belakang ini “mendukung” cerita ini secara visual? “Apakah ini latar belakang yang baik untuk apa yang sedang dibicarakan?

  1. Jaga kamera tetap stabil

Jika memungkinkan, gunakan tripod. Jangan terus-menerus memperbesar & memperkecil atau menggeser dari kanan ke kiri. Biarkan tindakan dalam bingkai menceritakan kisahnya sendiri.

  1. Pencahayaan yang Baik

Aturan yang sama yang dalam fotografi, berlaku untuk videografi juga. Selalu pastikan subjek Anda memiliki pencahayaan yang baik Sebagai contoh, jangan meletakkan subjek video membelakangi matahari karena akan berdampak pada hasil video. Juga, jangan letakkan mereka di bawah pohon rindang dengan pemandangan terang di latar belakang.

  1. Bingkai seperti gambar

Tips videografi yang selanjutnya mengharuskan kamu untuk mengkombinasikan teknik fotografi dengan videografi. Di sinilah ekspresi dan gaya artistik ikut bermain, tetapi secara umum, gunakan gaya framing standar dan rule of thirds dalam fotografi.

  1. Gunakan Piranti Tambahan

Salah satu peralatan tambahan yang wajib masuk dalam list adalah microphone eksternal. Videografer pemula sering mengabaikan hal ini, mereka bergantung pada mic yang berada di kamera. Alhasil, banyak suara yang bocor dan percakapan objek utama tidak tertangkap dengan baik.

5 tips videografi di atas dapat menjadi pengingat buat kamu sebelum terjun ke lapangan dan mengambil video. Banyak hal mengejutkan mungkin akan muncul selama pengambilan gambar. Videografer harus mampu beradaptasi dan menjadikannya pembelajaran. Bukankah pengalaman adalah guru terbaik?

Baca Juga:

Framing Videografi untuk Videomu yang Kece Maksimal

6 Jenis Lensa DSLR dan Fungsinya