Tips Merawat Kamera Yang Baik Agar Lebih Panjang Umur

0
624

Sebagai seorang fotografer maupun videografer, professional maupun hobi, pasti semua ingin kamera kesayangannya bisa terus memiliki performa yang baik. Tentu ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kamera dalam kondisi yang terawat. Apa saja sih tips merawat kamera agar kamera kalian tidak mudah rusak?

Tentu istilah lebih baik mencegah daripada mengobati merupakan istilh yang tepat untuk menggambarkan situasi yang satu ini. Pasti sudah pada tahu kalau biaya perbaikan kamera dan aksesorisnya sungguh tidak murah.

Baca Juga : Bermain Dengan Masa Lalu Dengan Aplikasi Kamera Vintage

Simak tips merawat kamera disini agar kamera kesayanganmu bisa tahan lama:

Gunakan blower untuk membersihkan debu

Sebelum menyimpan kamera atau lensa, akan lebih baik untuk membersihkan debu yang menempel. Agar lebih aman, kalian bisa membersihkan debu dengan menggunakan blower. Dengan ujung yang runcing, kalian bisa menjangkau titik-titik yang sempit, tinggal memompa blower saja agar anginnya meniup debu-debu yang menempel.

Tisu lensa untuk membersihan kaca lensa

Tentu beberapa kali pasti secara tidak disengaja pernah memegang permukaan kaca lensa saat sedang asyik hunting. Bekas tangan ataupun sidik jari yang menempel bisa dihilangkan dengan tisu lensa. Pastikan agar tidak ada debu atau residu yang kasar menempel d permukaan lensa sebelum menggunakan tisu lensa, kemudian usap pelan-pelan secara searah.

Lepaskan baterai kamera

Saat menyimpan kamera, sebaiknya lepaskan baterai kamera. Tindakan ni penting untuk melindungi kamera dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kebocoran baterai.

Simpan dengan silica gel

Nah, simpan kamera kalian di tempat yang bersih, kering, serta kedap udara. Tidak lupa untuk menambahkan silica gel agar kelembapan bisa selalu terjaga. Pastikan agar silica gel kalian juga tetap dalam kondisi yang prima, yaitu berwarna ungu, apaila sudah berubah menjadi pink lebih baik segera ganti atau dipanaskan kembali agar bisa kembali seperti semula.

Masukan dalam drybox

Drybox adalah kotak penyimpanan kamera yang aman. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari container hingga lemari kaca. Drybox melindungi kamera kalian dari bahaya air, jamur, bahkan debu. Umumnya, drybox juga dilengkapi dengan pengukur kelembapan, dan thermometer.

Baca Juga : Temukan Komposisi Foto Menarik Yang Memanjakan Mata

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, tentu kamera kesayangan kalian akan makin panjang umur. Memang merawat kamera membutuhkan energy ekstra, namun tentu lebih baik begitu daripada harus membayar biaya servis yang mahal, kan?

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI