Tips Low Contrast Photography

Sobat mau coba fotografi yang berbeda? Coba deh dengan fotografi low contrast yang mirip seperti foto sobat memiliki efek kabut dan memberikan perasaan moody dalam foto sobat! Tapi, gimana caranya ya? Nggak usah bingung, berikut adalah tips low contrast photography dan editing dengan photoshop!

Dalam artikel ini, Ellen Borggreve, seorang fotografer spesialis fine art landscape asal Belanda akan memberikan tips low contrast photography tentang foto-foto yang biasa hasilkan. Foto-foto yang biasa ia hasilkan adalah foto-foto pemandangan misty dan hutan.

Tips Low Contrast Photography dan Editing dengan Photoshop
Sumber : Ellen Borggreve/PetaPixel

Baca juga : Pantone Umumkan Color of The Year 2019 : Inilah Tips untuk “Memainkan” Warna ini untuk Para Fotografer

Tips low contrast photography Ellen yang perlu sobat ingat adalah ia suka sekali memotret baik dengan pengaturan kontras yang sangat tinggi saat kabut tidak terlalu tebal, dan menggunakan pengaturan kontras yang sangat rendah saat kabut menebal dan menggunakan lensa tele.

Tips Low Contrast Photography dan Editing dengan Photoshop
Sumber : Ellen Borggreve/PetaPixel

Bisa saja untuk pemandangan saat salju, pohon bisa terlihat hitam karena latar belakang yang sangat putih dan memberikan kontras tinggi dengan penuh hitam dan putih. Atau, malah bentuk apa yang difoto tidak terlihat sama sekali.

Tips Low Contrast Photography
Sumber : Ellen Borggreve/PetaPixel

Selanjutnya, tips low contrast photography adalah warna. Jika sobat memotret dalam keadaan berkabut, kontras warna lebih rendah. Ingatlah bahwa warna kontras untuk fotografi benar-benar berlawanan dari satu sama lain.

Seperti, biru dengan kuning, merah dengan biru cyan, hijau dengan magenta. Kontras dari warna-warna ini akan membuat warna-warna tersebut menyala.

Baca juga : Mau Memulai Fotografi Olahraga? Inilah Tipsnya!

Sedangkan, warna-warna yang dekat dalam palet warna akan membuat perasaan ringan dan tenang. Apalagi jika warna-warna tersebut merupakan warna primer dan sangat ekspresif.

Tips Low Contrast Photography
Sumber : Ellen Borggreve/PetaPixel

Kabut akan memberikan warna abu-abu dari beberapa warna tersebut dan akan memberikan perasaan terasing dan berdebu. Untuk kabut dengan salju, salju akan memberikan pantulan yang lebih sehingga tampak sangat-sangat putih untuk foto sobat.

Satu lagi tips low contrast photography yang harus sobat ingat adalah ingat depth dari perbedaan kontras yang akan sobat berikan. Misalnya, jika sobat ingin memotret pemandangan dengan gunung. Jika sobat ingin memotret hingga ke belakang gunung, sobat akan mendapatkan kontras yang kurang. Ini karena sobat harus mengejar kabut dan kabut tersebut harus terlihat dari objek sobat pada jarak dari foreground sobat.  

Memang sih, gambar-gambar yang sobat hasilkan akan terlihat biasa saja. Maka dari itu, ada beberapa tips editing dengan Photoshop.

Tips Low Contrast Photography

Pertama, sobat tinggal duplicate layer dan ganti blend mode ke contrast blend mode, Overlay. Semua moda blend dalam sub panel dengan overlay sangatlah penting.

Baca juga : Smoke Bomb Jadi Aksesoris Foto, Agar Foto Sobat Jadi Keren!

Nah, karena sobat telah memilih blend mode dan memilih kontras penuh, sobat akan mendapatkan ukuran file yang sangat besar. Maka dari itu, tambahkan level atau atur kurva layer dan taruh blend mode dari overlay lagi. Hasilnya sama kok, juga ukuran file sobat nggak akan terlalu besar.  

Selanjutnya, tambahkan dalam kurva layer sobat (atau hanya tekan “auto”) yang akan memberikan sobat empat pilihan. Gunakan Enhance Brightness and Contrast.

Tips Low Contrast Photography

Bisa juga tambahkan level dan ganti blend mode ke soft light daripada overlay maupun hard light blend mode.

Oh ya, kalau sobat menggunakan kurva S dalam Photoshop, akan memberikan dampak banyak banget pada foto sobat loh. Ganti blend mode ke Luminosity.

Tips Low Contrast Photography

Nah, bagaimana menurut sobat? Sudah siap? Selamat mencoba! Jangan lupa tag di media sosial kami untuk foto hasil sobat agar foto sobat bisa muncul disini!