Setelah kamu mengetahui cara-cara dasar memotret untuk teman yang bukan model, kini kamu bisa bermain lebih untuk memotret model. Fotografi potrait sebenarnya menantang, kamu harus menciptakan mood antara model kamu dengan kamu. Begitu juga dengan kamu, kamu harus mencari cara jitu yang pas untuk mendapatkan fotografi potrait yang bagus. Tak perlu cara-cara yang sulit, inilah tips fotografi potrait dasar yang harus kamu ketahui!

 

  1. Sejajarlah dengan sudut pandang model

eye level vs memotret diatas model. Mana yang lebih enak dipandang? 

Yup, jangan memotret terlalu tinggi, terlalu rendah – sejajarlah dengan sudut pandang model, alias sesuai dengan level mata kalian. Baik kamu ataupun mereka yang melihat foto akan lebih enak memandang foto tersebut. Kamu juga tidak perlu sulit-sulit memotret mereka dengan menggunakan tangga tambahan, bukan?

 

  1. Jangan sampai rambut menutupi leher

pastikan leher model terlihat!

Memang sepele, namun jangan sampai rambut sang model menutupi leher sang model. Alasannya simpel, agar terlihat sang model tersebut punya leher. Apalagi kalau kamu memotret model dengan aksesori di leher agar aksesorinya juga menonjol. Ingat, selalu minta ijin pada model jika kamu hendak menyentuh sang model.

 

  1. Buatlah model lebih santai di daerah mulut ataupun bahu

 

hayo.. foto kiri dan kanan, mana yang paling terasa canggung? 

Biasanya model yang masih baru akan cenderung kaku di daerah mulut ataupun bahu dan akan membuat foto terlihat canggung dan aneh. Jika mereka masih baru, suruh mereka untuk lebih santai di daerah mulut ataupun bahu – singkat kata, buat mereka lebih relaks!

 

  1. Bosan efek itu-itu saja? Taruh sesuatu di depan lensa!
dengan adanya fairy lights, foto jadi lebih tambah hidup, bukan? Sumber : Brandon Woelfel

Butuh efek baru untuk model dan bosan foto terlihat itu-itu saja? Kamu bisa bereksperimen dengan memberikan daun di depan lensa, fairy lights, daun, prisma, atau apapun yang bisa bikin efek di depan kamera kamu.

 

  1. Lihat tangan sang model!

lebih santai yang mana, kiri atau kanan? 

Untuk memudahkan editing kamu, telapak tangan model jangan menghadap ke arah kamera, melainkan punggung tangan. Sama seperti dengan tips ketiga, buatlah tangan sang model lebih relaks. Seperti foto di atas, foto kiri terlihat lebih santai. Foto kanan terlihat seperti “mencakar” wajah sendiri.

 

  1. Berputarlah untuk mencari angle yang pas

Kalau kamu bosan mencari angle yang itu-itu saja atau kesulitan mencari angle saat dalam pencahayaan yang sangat terang, berputarlah hingga 360 derajat mengelilingi model untuk mencari angle yang pas. Ini sangat berguna loh!

 

Nah, dengan begitu, nggak sulit lagi untuk memotret fotografi potrait kan? Selamat mencoba dan silahkan untuk mengirim foto karya sobat pada kami!

 

Sumber header : Jessica Kobeissi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.