• Home

6 Tips Sederhana Tapi Efektif untuk Fotografer Pemula

Untuk menjadi fotografer profesional memang butuh proses belajar yang tak instan. Bagi Anda fotografer pemula sebaiknya perlu belajar tips fotografi dimulai dari hal-hal sederhana.

Pasalnya, bermodal kamera canggih saja bukan jaminan menghasilkan foto yang bagus. Sejatinya kamera hanya sebagai alat, selebihnya bergantung pada penggunanya itu sendiri.

Untuk itu, meskipun hanya menggunakan kamera smartphone bukan menjadi penghalang untuk merintis karir menjadi fotografer.

Tips Untuk Fotografer Pemula

Berikut beberapa tips fotografi untuk pemula yang sebaiknya dikuasai agar menghasilkan foto yang bagus.

1. Maksimalkan Kamera Yang Ada

Kamera DSLR, Mirrorless atau kamera smartphone dapat dimaksimalkan lho. Memang terkadang penggunaan kamera, lensa dan perlengkapan lain akan menunjang dalam pengambilan gambar secara lebih optimal. Namun, tentu biaya yang dikeluarkan untuk membeli kamera dan perintilannya tak murah. Apalagi jika jarang digunakan tentu menjadi kurang efektif. Untuk Anda fotografi pemula, coba maksimalkan kamera yang ada. Kamera smartphone pun tak jadi masalah.

Baca juga: Bagaimana Menciptakan Foto Siluet

2. Perhatikan Cahaya

Bagi fotografer pemula sangat disarankan untuk peka terhadap cahaya. Belajar mengenal cahaya adalah keniscayaan bagi seorang fotografer. Mulai dari mana arah datangnya, bagaimana intensitasnya, apa saja bentuk cahaya yang terlihat dari bayangan, dan lainnya.

Misalnya ketika akan mengambil foto sebuah objek yang berada di depan cahaya, karena objek akan terlihat gelap alias backlight. Nah, hal ini dapat diatasi dengan mengambil foto dari arah cahaya, sehingga objek bisa terlihat jelas.

Kita juga perlu melihat apakah cahaya terlalu terang atau terlalu gelap, selain juga apakah cahaya murni matahari, lampu putih, atau lampu kuning, sehingga kita bisa menyesuaikannya dengan settingan alat foto kita.

Baca juga: Mengenal Aperture dan Shutter Priority

3. Ambil dari Beberapa Sudut

Sebelum mengambil foto, cobalah untuk mengamati dari beragam sudut. Jangan terlalu monoton dalam pengambilan foto yang sudah-sudah. Nikmati dan explore angle lain guna mendapatkan foto yang pas. Semakin banyak jam terbang akan semakin memperkaya referensi Anda dalam mencari angle terbaik. Sehingga, meski objek foto sama tapi rasa dan kesan foto bisa berbeda jika mampu menemukan angle foto yang pas.

sumber: https://www.selipan.com

4. Bersihkan Lensa Kamera

Maintenance alat sudah menjadi keharusan. Sebagus apapun alat fotografi jika tak dirawat tentu akan cepat rusak dan sia-sia. Nah, jangan mager untuk membersihkan alat terutama lensa kamera. Pasalnya, jika ada kotoran, debu, sidik jari atau sebagainya akan mempengaruhi kualitas foto. Dan yang tak boleh dilewatkan adalah cara menyimpan kamera. Pastikan simpan kamera di tempat yang kering dan tak rawan tumbuh jamur.

Baca juga: 4 Jenis Mirrorless Untuk Pemula

5. Pelajari Post Produksi

Jika hasil fotomu masih terkesan biasa, jangan sedih dulu. Masih ada proses selanjutnya yakni post produksi. Anda bisa mengubah tone warna, menyesuaikan cahaya, mengantur ketajaman, memotong, dan lainnya. Untuk menunjang post produksi ini bisa menggunakan aplikasi edit foto di smartphone yang sederhana seperti VSCO, Snapseed hingga sangat profesional seperti Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom.

6. Follow Akun Fotografi

Untuk mendapatkan banyak ilmu fotografi lebih intens, Anda bisa memfollow akun-akun tempat belajar fotografi atau stalking akun fotografer profesional. Mulai dari channel youtube Youtube, Instagram, Facebook atau Twitter.

Itulah 5 tips fotografi untuk pemula. Semoga menjadi langkah awalmu menjadi fotografer profesional, ya!

Discover

Sponsor

Latest

Deretan Lensa Bokeh Murah Meriah Dengan Hasil Bening

Sudah pada tahu istilah bokeh? Istilah ini berasal dari bahasa Jepang, yaitu boke yang berarti blur. Sehingga bisa disimpulkan bahwa bokeh adalah area yang...

Foto HDR Pemenang Kontes World Press 2012

Dunia Fotografi - Ada sesuatu yang berbeda pada dunia foto jurnalisme ketika pemenang kontes World Press Photo 2012 menggunakan teknik kamar gelap yang berbeda...

Hasil Jepretan Aktor Tampan, Cole Sprouse

Memiliki nama lengkap Cole Mitchell Sprouse yang lahir pada 4 Agustus 1992 di Italia memiliki saudara kembar yaitu Dylan Spourse. Cole seorang...

Tips Memotret Beach Photography

Teknik Fotografi - Bergembiralah Sobat-sobat yang memiliki pantai indah di kota atau daerah kalian. Kebanyakan orang selalu menganggap pantai memiliki daya tarik tersendiri untuk...

Serunya Menjepret Momen Dalam Fotografi Olahraga

Tahun 2018 ini banyak diisi dengan acara-acara olahraga besar ya, mulai dari Piala Dunia, Asian Games, dan yang paling dekat saat ini adalah Asian...