Beberapa Tips dan Cara Mengambil Foto serta Edit Levitasi

0
379
edit levitasi

Sekarang adalah jaman yang semua aktivitas sangat mudah dan lebih efisien. Contohnya tren dalam dunia fotografi digital, menghasilkan foto-foto yang sedikit berbeda dan unik. Salah satunya adalah memotret model maupun objek yang sedang terbang atau melompat di udara. Teknik ini disebut dengan teknik edit levitasi. Simak artikel di bawah ini.

Gaya Melempar

Sumber :
https://i.pinimg.com/originals/6c/0f/91/6c0f914efd10052cdc2ab5557c9399eb.jpg

Salah satu kegiatan yang mudah dilakukan dalam edit levitasi yaitu melempar suatu obyek agar terlihat melayang di udara. Teknik ini menggunakan speed cepat, agar kecepatan objek mampu terekam oleh kamera. Model juga harus mampu mengatur gerakan tangan agar tidak terlihat ketika melempar objek tersebut. Atau ada properti lainnya seperti topi, bola, boneka atau yang lainnya. Teknik ini juga bisa dibantu dipegang oleh asisten model di luar frame kamera. Caranya dengan menjatuhkan boneka di atas tangan sang model atau melempar sejauh mungkin.

Baca juga : Perkembangan Kamera dari Zaman Dulu hingga Sekarang

Gaya Melompat

Ssumber :
https://phinemo.com/aplikasi-edit-foto-levitasi-ini-wajib-banget-ada-di-hp-mu-supaya-tetap-kekinian-saat-traveling/

Salah satu cara paling simpel dan mudah dilakukan untuk mendapatkan dengan edit levitasi yaitu merekam gambar ketika objek melompat setinggi mungkin. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan maka harus dipastikan mengatur kecepatan tinggi pada kamera. Shutter speed yang bagus yaitu mampu menangkap momen lompat sekitar 1/200 – 1/1000. Kamera DSLR memiliki mode “sport”, maka aktifkan mode tersebut dan kamera akan secara otomatis mengatur kecepatan yang benar. Jika tidak dapat mencapai kecepatan yang cukup, maka harus menambah ISO atau membuka diafragma agar cahaya jatuh ke objek.

Baca juga : Foodie, Aplikasi Kamera Khusus untuk Foto Makanan

Sentuhan Photoshop

Sumber :
http://www.ilmugrafis.com/photoshop_foto13.php?page=membuat-efek-levitasi-foto-melayang

Dalam seni fotografi, semua bebas untuk berkreasi salah satunya teknik foto levitasi. Tidak mungkin mobil atau piano seberat itu dilempar atau dijatuhkan untuk mendapatkan efek foto yang bagus. Dengan Photoshop atau software oldig lainnya, mampu menumpuk beberapa layer foto secara bersamaan.

Beberapa cara meng-edit foto dengan Photoshop yaitu :

  1. Ambil dua foto dari hasil jepretan, foto dengan latar belakang kosong dan foto dengan objek
  2. Tumpuk semua foto menjadi dua layer dengan cara menarik foto latar belakang kosong ke atas foto model lalu sejajarkan
  3. Turunkan opasitas hingga 80% dari layer foto latar belakang kosong. Usahakan foto latar belakang yang jelas dan hanya objek dan mobil yang berbayang
  4. Tambahkan layer mask pada foto latar belakang kosong dan menghapus bagian model dan mobil tersebut
  5. Lebih teliti dalam menghapus maka hasil editan akan lebih bagus

Baca juga : Hasil Jepretan Aktor Tampan, Cole Sprouse

Untuk para pemula bisa mempelajari teknik edit levitasi lebih lanjut dengan video-video yang ada di Youtube. Selamat mencoba!