Vector of vintage camera

Kamera merupakan sebagian jiwa dari para fotografer dan videografer. Karena, kamera seringkali menjadi sumber semangat bahkan pundi-pundi kehidupan dari profesi tersebut. Apakah kalian salah satunya?

Tentu untuk menjaga sebagian jiwa kalian tetap dalam kondisi prima, kalian wajib mengetahui tips dan trik untuk membuat kamera panjang umur. Tidak perlu ribet kok, dari hal-hal yang simple saja sudah bisa membuat kamera kalian lebih berumur panjang.

Simak tips dan trik agar kamera panjang umur di bawah ini:

Simpan Dengan Baik

Apabil sedang tidak digunakan, simpanlah kamera kalian di tempat yang aman, dan kering. Akan sangat disarankan apabila kalian membeli drybox sebagai tempat penyimpanan khusus kamera. Namun, apabila belum bisa membeli drybox kalian bisa berkreasi dengan penyimpanan makanan kedap udara ditambahkan dengan silica gel di dalamnya agar bisa menjadi seperti drybox DIY.

 

Hindari Debu, Air, Dan Residu lainnya

Bukan rahasia umum lagi, kalau debu, air, bahkan pasir bisa menyebabkan kerusakan di kamera kalian. Apabila terlanjur terkena, sebaiknya cepat-cepat dibersihkan dengan alat khusus seperti blower, tisu lensa, serta kain micro fiber. Bersihkan pelan-pelan agar tidak merusak permukaan lensa.

 

Gunakan Tas Yang Tepat

Toh, sekarang tas kamera sudah banyak beredar di pasaran, sehingga tidak sulit bagi para fotografer dan videografer untuk mencari pasangan pas untuk kameranya. Usahakan untuk mencari tas kamera yang anti air atau berjas hujan, serta memiliki busa yang cukup untuk memisahkan kamera beserta aksesorisnya dari benturan satu sama lain. Dan, pastikan kalian nyaman dengan pilihan kalian!

 

Cabut Baterai Yang Telah Terisi Penuh

Pasti kalian sudah sering mendengar berita tentang baterai yang kondisinya tak lagi maksimal. Penyebab utamanya adalah membiarkan baterai terisi semalaman padahal baterai sudah dalam kondisi penuh. Tentu hal ini sangat menjengkelkan karena seharusnya kamera kalian bisa hidup hingga seribu jepretan malah berkurang menjadi 600 jepretan saja.

Tidak susah bukan untuk memastikan kamera kalian akan selalu sehat? Hanya dengan melakukan empat langkah ini saja, kalian bisa memiliki kamera umur panjang. Yuk, terapkan mulai sekarang juga!