Sobat mungkin sering banget saat jalan-jalan dan memotret untuk foto landscape – eh malah salah fokus alias sulit menemukan fokus untuk foto-foto sobat. Dari yang mau motret gunung, malah motret langitnya lah – dan sebagainya. Terkadang foto-foto fokus kita malah terlihat biasa saja dan nggak malah menyampaikan “pesan” yang ingin disampaikan lewat foto sobat. Nah, di dalam video ini, kanal Youtube bertajuk Nature TTL berkolaborasi dengan fotografer profesional serta Nikon Ambassador bernama Ross Hoddinott untuk memberikan tips dan trik untuk mencari fokus yang tepat untuk foto landscape sobat agar nggak terlihat biasa-biasa saja.

Tips dan Trik Mencari Fokus untuk Foto Landscape
Sumber : Ross Hoddinott

Baca juga : Menikmati Serunya Proses Memotret Dengan Kamera Analog

 

Biasanya, saat mencari fokus, kita akan cenderung mencari fokus yang pas saja. Nah, disini nih, foto sobat malah kelihatan biasa saja. Namun, sebenarnya ada metodenya kok untuk mencari fokus yang pas. Hoddinot, memberikan cara untuk mencari fokus, yakni tak hanya dengan menghitung jarak hiperfokal untuk mencari latar belakang yang pas dan menjadi lebih lembut.

 

Baca juga : Motret Lincah Ala Cabe Rawit Namun Tetap Terlihat Professional

 

Tapi, ada metode yang disebut Hoddinot double distance focusing. Metode ini adalah dimana sobat mencari poin terdekat dengan foreground atau bagian yang paling dekat dengan sobat, lalu berikan prakiraan jarak dua kali dari foreground sobat, dan fokuslah pada poin fokal terbaru sobat. Mudah, kan?

Tips dan Trik Mencari Fokus untuk Foto Landscape
Sumber : Ross Hoddinott

Baca juga : Memilih Style Warna Foto Yang Sesuai Untuk Fotografi Wedding

 

Ada metode lain untuk mengubah ketajaman dalam gambar sobat loh. Sobat bisa menggunakan tripod agar sobat bisa melihat lebih jauh dari apa yang masuk di dalam kamera sobat saja. Ingat, tripod sobat harus benar-benar kokoh. Oh ya, jangan lupa membawa shutter release agar sobat bisa bermain leluasa dengan kamera sobat.

 

Seru kan? Tonton lebih jauh di video berikut. Oh ya, sobat boleh banget untuk mengirimkan foto-foto hasil percobaan sobat dalam mempraktekan mencari fokus untuk foto landscape ini. Sobat bisa kirim foto sobat ke kami, loh! Ditunggu, ya!