• Home

Tips dan Trik Jitu untuk Memotret Neon Sign

 

Setelah fotografer Brandon Woelfel terkenal di Instagram dengan gaya fotonya dengan model yang menggunakan kacamata ala ‘70an serta lampu neon dan tone foto bernuansa pastel, memotret dengan neon sign menjadi trend lagi. Namun, bagi beberapa orang, banyak yang merasa memotret di malam hari dengan neon sign itu sangatlah sulit dan malah sesuatu yang mereka hindari. Sebenarnya gampang, kok! Berikut adalah tips dan trik jitu untuk memotret neon sign!

foto karya Brandon Woelfel. Simpel tapi penuh dengan keajaiban, bukan?

Sebelum masuk ke tips, ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk memotret foto neon :

 

Waktu

Sobat harus mempertimbangkan waktu yang tepat untuk mengambil foto neon sign. Kalo sobat hanya ingin memotret neon signnya saja, sobat bisa menentukan waktu semau seobat. Namun, kalo sobat ingin memotret sekelilingnya, waktu yang ideal adalah 15 menit sebelum fajar menjelang ataupun 10 menit setelah matahari tenggelam atau yang biasa disebut blue hour. Saat blue hour, neon tubes bisa terlihat sangat jelas karena sedikit gelap, namun masih ada cahaya untuk memperlihatkan sekitarnya.

Untuk foto seperti Brandon Woelfel dimana model berdiri dekat neon sign, kamu bisa memilih kapan saja, terutama di malam hari.

 

Stabilisasi Kamera

Letakkan kamera kamu diatas tripod untuk memotret. Untuk memotret neon, kamera kamu cenderung bergetar dan akan menghasilkan foto yang buram jika kamu menggunakan tangan. Maka dari itu, dengan menstabilisasikannya dengan tripod, kamu bisa meminimalisir keburaman dari foto-foto kamu.

 

Aturan Kamera

Atur ISO kamu menjadi 100 jika menggunakan kamera DSLR. Untuk white balance, atur sesuai dengan cahaya yang dihasilkan neon. Kalau kamu mengatur white balance di kamera kamu dengan daylight, hasil foto kamu cenderung memiliki warna yang hangat. Untuk tungsten, hasil kamera kamu akan membuat warna lebih biru untuk langit.

 

Tips Dasar untuk Fotografi

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk memotret foto neon, ini saatnya untuk bermain! Nah berikut adalah tips-tips dasar untuk memotret neon sign di malam hari :

  1. Dekati neon sign sedekat mungkin
  2. Buka aperture kamu hingga penuh. Aperture merupakan f-stop dan diukur dengan angka, seperti 2.8, 4.0, 5.6, 8.0 dan sebagainya. Pilihlah nomor-nomor tersebut serendah mungkin.
  3. Jangan memilih 1/100 per detik dari kecepatan shutter kamu.
  4. Jangan menggunakan flash, itu akan menerangkan latar belakangnya dan merusak keseluruhan efek.

Memang memotret neon itu menggunakan aturan terendah. Namun, do the magic more in editing. Nah, selamat bermain!

Aya Prita Beliahttp://ohstammered.blogspot.com
menulis untuk mengingat dan diingat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Discover

Sponsor

Latest

Sony Luncurkan Ponsel dengan Sensor Gambar Beresolusi Tinggi

Suka dengan Sony? Berita bagus untuk sobat yang suka mengambil gambar dengan ponsel maupun kamera Sony, perusahaan ini akan luncurkan ponsel dengan sensor gambar...

Canon Dikabarkan Menghentikan Pembuatan Kamera DSLR Baru, Mirrorless Terbaru kah Penyebabnya ?

Menurut situs Canon Rumors, Canon dikabarkan tengah menghentikan pembuatan kamera DSLR baru. Memang sih, ini berita buruk bagi sobat yang masih “penganut” kamera DSLR....

Kamera Pocket, Design Minimalis dan Mudah Dibawa

Kamera pocket atau kamera saku ini ialah salah satu bentuk perkembangan teknologi yang lebih canggih. Dengan design yang minimalis tentunya kamera pocket...

5 Kamera Handphone Terbaik 2019 (1)

Memang untuk keperluan ringan, kamera smartphone sudah bisa menghasilkan foto dan video terbaik. Hal tersebut juga ditunjang dengan software bawaan masing-masing smartphone itu sendiri.

Mengenal Histogram Dalam Fotografi

  Fotografi Pemula - Sobat mungkin pernah bertanya ketika menjelajah menu kamera atau sedang mereview hasil jepretan kalian dan menemukan sebuah layar berlabel 'Histogram'. Apakah...