Foto oleh Adrea Kristatiani

Food photography memang masih akan terus ramai di linimasa. Bahkan, kini telah lahir beragam style food photography yang bikin ratusan mata yang memandang berbinar-binar. Jadi, buat yang bilang memotret makanan itu cuman jepret-jepret saja kalian salah besar, ada banyak hal yang perlu dipikirkan matang-matang bahkan sampai gimana caranya menemukan style food photography yang cocok.

Siapa sangka ternyata ada banyak sekali jenis-jenis dari style food photography. Dipandu oleh Inijie, pada segmen food photography di workshop jurnalistik yang diadakan di Universitas Widya Mandala, akan ada banyak style dari fotografi yang akan dijelaskan.

Baca Juga : Rekomendasi Kamera Vlog Untuk Pemula Dengan Hasil Maksimal

Simak ragam style food photography yang tersebar di dunia maya:

Flatlay

Foto oleh Adrea Kristatiani

Foto dengn angle top view ini tentu sedang popular di internet. Apalagi dengan styling makanan maupun properti foto yang melimpah, maka foto flatlay kalian akan makin kece. Walaupun terlihat mudah, style yang satu ini cukup rumit lo!

Hands In Frame

Foto oleh Adrea Kristatiani

Untuk style yang satu ini memang hybrid dari berbagai macam style. Misalnya, tidak sedikit fotografer yang bereksperimen style ini dengan gaya flatlay. Yang pasti dalam jepretan foto tersebut ada property tangan yang masuk dalam bingkai. Posenya bisa dengan memegang cangkir, suasana makan saat berlangsung, dan lain-lain.

Shoefie

Berkebalikan dengan style sebelumnya, untuk style yang satu ini yang harus ada dalam frame ada kaki. Umumnya, fotografer akan memegang makanan ataupun secangkir kopi, kemudian memunculkan kaki dalam balutan alas kaki favorit ke dalam bingkai.

Storyteller

Foto oleh Adrea Kristatiani

Angle pengambilan dalam style yang satu ini cenderung bebas. Utamanya dalam style food photography yang satu ini adalah cerita makanan yang ada di foto tersebut. Tentu ada cerita di balik setiap karya foto yang sudah dilahirkan, dengan mengkaitkan makanan yang ada d foto dengan keadaan di sekitarnya tentu akan menjadi cerita yang menarik. Gaya jepretan yang satu ini cocok untuk orang-orang yang hobi travelling.

Moody

Foto yang bisa memancarkan energi sebuah mood hingga sampai ke mata yang memadang tentu sangat menarik. Untuk menciptakan energy yang begitu kuat, tentu harus bisa menampilkan sebuah foto dengan pencahayaan yang dramatis. Foto-foto yang bergaya mood ini sangat sering digunakan oleh para penikmat kopi.

Baca Juga : Tips Merawat Kamera Yang Baik Agar Lebih Panjang Umur

Kelima style food photography berikut masih sebagian kecil dari banyak style yang ada. Masing-masing dari style tentu memiliki seleranya masing-masing. Untuk menciptakan gaya jepretan yang ‘kamu banget’, tentu harus sering-sering mengeksplorasi mata dan rasa yang ada pada diri kalian. Awalnya tentu kalian bisa belajar menggunakan metode ATM, alias amati tiru dan modifikasi, hingga nanti aka nada style yang keluar dari karya-karya tersebut yang menjadi ciri khas utama kalian.

Kira-kira style food photography mana nih yang cocok dengan kalian?