Suka dengan Sony? Berita bagus untuk sobat yang suka mengambil gambar dengan ponsel maupun kamera Sony, perusahaan ini akan luncurkan ponsel dengan sensor gambar beresolusi tinggi, loh! Yup, walaupun tahun ini, sobat Infotografi dimanjakan dengan kamera-kamera ringan yang mudah dibawa dengan kualitas dan fitur yang profesional (dan tentunya nggak kalah dengan kamera DSLR), sekarang, fotografi ponsel pun ikut berkembang! Yuk, mari berkenalan dengan IMX586, yakni ponsel dengan kualitas gambar yang sangat-sangat bagus, yakni resolusi hingga 48megapixel (8000×6000). Ponsel ini juga disebut-sebut sebagai hitungan piksel tertinggi! Wow!

Sony Luncurkan Ponsel dengan Sensor Gambar Beresolusi Tinggi
Sumber : Sony

Kualitas gambar bukan hanya tinggal menambah megapiksel loh, sobat. Bisa saja dengan piksel rendah, sobat malah menghasilkan foto dengan noise tinggi pada foto yang kekurangan cahaya. Piksel dengan 0.8 mikron dalam ponsel ini adalah sensor terkecil yang pernah ada di dunia, loh. Namun, susunan warna yang digunakan adalah Bayer dan membuat piksel-piksel tersebut menjadi empat piksel berdampingan yang akan membuat sensitifitas cahaya meningkat hingga menghasilkan gambar 12-megapiksel dengan 1.6 micron piksel. Wow! Semakin canggih ya, fotografi ponsel?

 

Sony Luncurkan Ponsel dengan Sensor Gambar Beresolusi Tinggi
Sumber : Sony

Berikut adalah perbandingan ponsel Nokia 808 PureView di tahun 2012 hingga Huawei P20 Pro yang dilakukan oleh tim Sony. Eksperimen ini dilakukan dengan teknik pixel-binning dari sensor dengan 40 megapiksel ataupun lebih. Namun, Sony IMX586 menggunakan solusi dengan menurunkan ukuran hingga diagonal 8mm, yakni tidak ada perubahan dalam kamera-kamera ponsel biasanya. Walaupun lensa di depan sensor berperan besar pada kemampuan kamera untuk menghasilkan gambar. Fokus ponsel ini bisa hingga 48megapiksel dan tidak dengan menurunkan kualitas. Sangat pas untuk foto yang akan diambil setiap hari. Yaah, paling nggak, perbesaran gambar nggak parah-parah banget.

 

Sayangnya, sobat harus menunggu IMX586 lebih lama. Ponsel keluaran Sony ini akan dirilis tahun depan. Sony baru mengirim semua sampelnya September ini. Sampel dibanderon dengan harga 300.000 rupiah per unitnya.

 

Baca juga :

Mau Kamera Compact dengan Sensor Besar? Inilah Fujifilm XF10!
Berkenalan dengan Lensbaby
Fujifilm X-T100, si Mirrorless Bagus yang Affordable