Smoke Bomb Jadi Aksesoris Foto, Agar Foto Sobat Jadi Keren!

0
1312

Akhir-akhir ini, smoke bomb jadi aksesoris foto favorit karena kekinian banget. Bagaimana nggak? Tinggal nyalakan smoke bomb, foto jadi mendapatkan sentuhan warna yang bagus. Biasanya street photography, fotografi pra-wedding, dan sebagainya. Mau pakai smoke bomb tapi bingung yang mana yang bagus dipakai? Disini kita akan memberitahu smoke bomb yang pas dan juga tips menggunakan smoke bomb biar foto sobat jadi keren!

Smoke bomb terbaik yang digunakan adalah Enola Gaye WP40 Smoke Grenade karena bertahan hingga 90 detik dan paling aman. Namun, karena sulit dicari, sobat bisa kok cari smoke bomb yang lainnya. Biasanya, smoke bomb hanya bertahan hingga 60 detik saja. Tapi, apa salahnya mencoba smoke bomb jadi aksesoris foto sekarang?

Enola Gaye WP40 Smoke Grenade. Sumber : PetaPixel!

1. Smoke Bomb jadi aksesoris, memang. Namun, Safety First !

Tetap utamakan keselamatan model dan sobat saat proses foto berjalan. Ingatlah bahwa smoke bomb adalah api di dalam stick. Yang berarti, smoke bomb ini akan memberikan percikan-percikan api dan tentunya, akan menjadi sangat panas. Jadi, kami sarankan untuk tidak menggunakannya dekat dengan barang-barang yang dapat terbakar dengan mudah seperti dekat-dekat tanaman atau rerumputan. Dan lebih baik jangan menggunakan di tempat-tempat umum maupun dalam ruangan ya.

2. Persiapkan segalanya sebelum menyalakan smoke bomb

Sumber : Pye Jirsa /PetaPixel

Walaupun smoke bomb sebagus Enola Gaye yang bertahan hingga 90 detik, telah dites bahwa smoke bomb ini bertahan hanya hingga 70-80 detik. Jadi, lebih baik tentukan lighting, komposisi, pose, dan semuanya siap sebelum sobat menarik kabelnya.

Baca juga : Lima Vlogger Indonesia Inspiratif Yang Kontennya Wajib Untuk Disimak

3. Bisa jadi berantakan!

Nah, ini nih : ketika smoke bomb sudah ditarik, ada saatnya bubuknya keluar semua atau asap pun menurun. Ada beberapa tantangan saat memotret dengan smoke bomb jadi aksesoris foto seperti angin yang membuat smoke bomb jadi ke arah sebaliknya. Oh ya, jangan pakai baju putih atau hitam karena smoke bomb ini akan meninggalkan noda warna di baju sobat loh!

Baca juga : Mau Memulai Fotografi Olahraga? Inilah Tipsnya!

4. Saatnya menarik ring smoke bomb!

Sudah siap semuanya? Kini saatnya bermain! Arahkan smoke bomb dari badan sobat, pegang bagian bawah smoke bomb. Karena nanti ada percikan api yang berterbangan, jadi pastikan untuk memegang smoke bomb sedikit jauh dari badan sobat.

Oh ya, ada delay hingga 5-10 detik setelah sobat menarik kabel tersebut untuk mendapatkan asap yang dapat mengisi frame. Jadi, kami sarankan agar model tidak menyalakan smoke bomb sendiri, tapi seorang asisten saat fotografi berjalan.

Nah, sudah yakin untuk menggunakan smoke bomb? Inilah tips fotografi dengan smoke bomb jadi aksesoris foto!

5. Gunakan shutter speed yang cepat!

Naikkan shutter speed sobat untuk memotret smoke bomb secara keseluruhan dan mendetil. Gunakan kisaran dari 1/800 – 1/2500.

6. Perhatikan wajah model sobat!

Sumber : Cole’s Classroom

Jangan sampai asap menutupi wajah model sobat, ya! Oke, memang kita suka foto-foto artsy, tapi jangan lupa untuk menunjukkan wajah model, loh ya. Minta mereka untuk berpindah saat asap mulai menutupi wajah mereka – apalagi, smoke bomb bisa membuat mata berair dan bau smoke bomb juga tidak terlalu menyenangkan. Ugh.

Sumber : Pye Jirsa/PetaPixel

Akan lebih baik lagi jika sobat menyuruh model sobat untuk terus bergerak. Pasti akan bagus kok, hasilnya!

Selamat mencoba!

Baca juga : Warna-Warni Ragam Style Food Photography Yang Indah Dipandang Mata

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI