Tren Fotografi Ponsel

0
69
smartphone tren fotografi ponsel

Saat ini dunia fotografi juga semakin berkembang terlebih fotografi ponsel semakin berkembang dan menjangkau hampir setiap orang. Hasil foto juga memiliki kualitas yang berbeda, tergantung dari pengalaman, fitur kamera ponsel dan pemilihan angle. Saat ini produsen smartphone berlomba-lomba dalam pengembangan fitur kamera yang dimiliki. Resolusi yang dihasilkan akan semakin besar. Tetapi kamera depan juga ikut mengalami peningkatan yang signifikan.

Baca juga : 7 Tips untuk Terlihat Lebih Kurus dalam Foto

Efek “Bokeh”

Salah satu tren fotografi ponsel yang sempat bertahan lama yaitu menciptakan foto potrait dengan efek blur atau “bokeh”. Hampir semua produsen smartphone saling meningkatkan kualitasnya demi memenuhi permintaan pasar. Sebagian smartphone menambahkan lensa panjang (tele) sebagai pelengkap. Dalam waktu singkat, standar smartphone berubah dengan adanya dua jenis kamera yaitu standar dan tele.

Baca juga : 5 Pose Model Hijab untuk Pemula


Dekati Objeknya, Jangan Zoom

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat memotret dengan kamera ponsel adalah hasil foto yang blurry (buram). Hasil foto yang tidak jelas seperti ini biasanya karena kamu menggunakan zoom.Bila menggunakan zoom, bukannya membuat foto semakin jelas, hasil foto malah menjadi buram dan pecah. Untuk mengatasinya, posisikan diri kamu pada jarak yang cukup di mana seluruh bidikan terkena kamera ponsel kamu tanpa zoom.

Baca juga : Cara Membuat Video Ala Beauty Vlogger

Tren Fotografi pada Smartphone

Salah satu contoh smartphone pertama yang menggunakan teknologi pop up yaitu Vivo V15. Terdapat lensa lebar atau wide sebagai salah satu dari tiga kamera belakang. Ketika memotret obyek yang dibutuhkan adalah menghasilkan foto yang kontras dengan lokasi yang tertangkap secara keseluruhan sama seperti teknik paronama pada kamera atau smartphone.

Jaga kestabilan kamera

Hasil foto yang diabadikan akan semakin bagus jika mengambil gambar dengan stabil. Agar hasil foto stabil atau tidak buram, usahakan tangan kamu tidak goyang atau gemetar saat memotret. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan tripod untuk menyangga ponsel agar hasil foto lebih stabil dan berkualitas.

Apakah DSLR atau mirrorless masih menjadi idola para fotografer? Atau berpindah ke kamera smartphone?