Sejarah Fotografi dari Masa ke Masa

0
58

Fotografi pada dasarnya tidak berkembang dalam ruang hampa, melainkan ada catatan sejarah dari setiap masanya. Berdasarkan catatannya, sejarah dunia fotografi dimulai dengan aktivitas pengamatan yang dilakukan oleh Mo Ti. Tepatnya pada abad ke-5 sebelum masehi, Mo TI mengamati sebuah refleksi ruangan yang terbentuk dari lubang kecil yang berada di ruangan gelap. Berkat pengamatan yang dilakukannya, Mo Ti digadang-gadang sebagai orang pertama yang mengetahui fenomena dari camera obscura. Kisah ini sendiri dibukukan oleh Alma Davenport yang terbit pada tahun 1991.

Awal Mula Terciptanya Tehnik Fotografi

Berawal dari kisah Mi To, akhinya banyak para ilmuwan dan filsuf yang juga tertarik untuk mempelajari fenomena tersebut. Pada perjalanannya, para ilmuwan berusaha untuk mengembangkan pengetahuan seputar fenomena refleksi bayangan melalui lubang kecil tersebut. Tepat di tahun 1826, Joseph-Nicephore berhasil menemukan sebuah gambar yang kini diabadikan di Universitas of Texas. Namun gambar yang dihasilkan oleh Joseph-Nicephore belum utuh/ permanen sepenuhnya. Barulah pada tahun 1839 Louis-Jacques Mande Daguerre berhasil membuat gambar permanen di lempeng tembaga melalui motode daguerrortype.

Pada tahun-tahun berikutnya dunia fotografi semakin menarik perhatian ilmuwan dan dunia. Akhirnya di tahun 1889 mulai diperkenalkan kamera kodak oleh Georfe Eastman. Selanjutnya di tahun 1950 para seniman mulai menggunakan kamera dengan sistem SLR (Single Lens Reflex) untuk mempermudah proses membidik objek. Lalu pada tahun 1972 ditemukan kamera yang mampu menghasilkan gambar tanpa harus dilakukan pencetakan film, yaitu Kamera Polaroid.

Hingga sekarang dunia fotografi pun semakin berkembang pesat. Terlebih dengan kemajuan teknologi yang semakin mempermudah seseorang untuk mengambil gambar dengan kameranya. Demikianlah beberapa informasi seputar sejarah dunia fotografi yang dapat Sobat ketahui. Semoga informasi ini berguna dalam menambah wawasan sobat tentang dunia fotografi.

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI