Foto oleh Adrea Kristatiani (@tabemust_o)

Banyaknya foto-foto makanan yang kian ramai mewarnai social media merupakan bukti bahwa fotografi dengan genre makanan kini makin diperhitungkan. Foto makanan merupakan salah satu genre fotografi yang kompleks, bukan hanya sekedar menjepret saja lo. Ada banyak aspek penting dalam genre foto ini, salah satunya adalah pemilihan lensa.

Jiewa Vieri, atau yang lebih terkenal dengan sebutan Inijie baru saja menggelar workshop mengenai food photography. Sama seperti bahasan sebelumnya yang selalu inspiratif, Inijie terus berbagi resep-resep rahasianya dalam menghasilkan foto kuliner yang maknyus. Pentingnya berinvestasi pada jenis-jenis lensa yang benar merupakan salah satu poin yang diangkat dalam workshop kali ini.

Foto oleh Adrea Kristatiani (@tabemust_o)

Petunjuk Inijie Untuk Pemilihan Lensa Food Photography Yang Tepat:

Lensa kit 18mm-55mm atau 18mm

Foto oleh Adrea Kristatiani (@tabemust_o)

Tentu lensa yang cukup wide dibutuhkan untuk food photography. Agar hasil foto lebih bervariasi, tentu sebuah makanan tidak melulu dipotret secara close up. Khususnya untuk foto flatlay, lensa yang lebar tidak mengharuskan kalian untuk naik ke kursi agar foto flatlay kalian terkesan lebar.

Lensa fix 35mm

Lensa fix yang satu ini memang tidak terlalu lebar dan tidak terlalu closeup. Sehingga lensa ini masih pas untuk mendapatkan foto makanan serta atmosfer di sekitarnya. Misalnya saja, kalian bisa memotret keadaan meja lengkap dengan dekorasinya, orang-orang di pinggiran mejanya, serta suasana tempatnya.

Lensa fix 56mm

Sebaliknya, lensa yang satu ini terkenal sempit. Tentu lensa yang ini sangat dibutuhkan untuk mengambil objek makanan dalam jarak dekat serta close up. Dengan lensa ini, kalian bisa mengambil detail terkecil dari makanannya. Bahkan hingga ke bentuk tekstur atau serat makanannya lo.

Foto oleh Adrea Kristatiani (@tabemust_o)

Ketiga lensa berikut merupakan lensa andalan Inijie. Dengan hanya tiga lensa ini, Inijie sukses membuat masyarakat Surabaya tergiur dengan foto-fotonya yang ciamik soro. Inijie juga menambahkan pentingnya pengambilan angle serta styling yang baik juga mendukung akan keindahan foto makanan kalian. Apabila koleksi lensa kalian belum lengkap, maka kalian bisa mulai menabung dan memaksimalkan perlengkapan yang kalian punya.

Nah, apakah sudah siap untuk membuat foto makanan yang bikin ngiler penontonnya?