Foto oleh Adrea Kristatiani (@tabemust_o)

Tahukah kalian sekarang memotret makanan makin menjadi hobi banyak orang? Banyak alasan mengapa kini orang-orang menekuni hobi yang satu ini, mulai dari menggapai cuan, atau yang paling simple untuk keindahan feeds belaka. Kalau kalian salah satunya, tips berikut bakalan berguna untuk kalian agar foto makanan kalian makin hits.

Selain kamera, makanan, cahaya, ada satu hal lagi yang penting dalam sebuah foto makanan, yaitu properti foto makanan. Tanpa ada properti foto makanan, tentu rasanya foto kalian terasa seperti sayur tanpa garam, hambar-hambar gimana gitu. Apalagi tren jaman sekarang dimana foto makanan makin menggambarkan lifestyle masa kini.

 

Berikut adalah properti foto makanan yang bisa kalian gunakan dalam foto kalian:

Tableware

Beragam jenis piring, mangkuk, sendok, garpu, mug, adalah jenis-jenis tableware yang bisa kalian gunakan. Saat ini tren tableware yang sedang lalu lalang di kalangan fotografer makanan hits tanah air adalah piring keramik, telenan marble, hingga sendok bernuansa kayu. Walaupun tidak punya koleksi tableware tersebut, kalian juga bisa berkreasi dengan apa yang sudah kalian punya kok.

Media Cetak

Kesannya serius ya saat membaca tulisan media cetak? Padahal yang dimaksud adalah buku bacaan, majalah, hingga koran. Dengan meletakkan buku atau koran, tentu menambah nilai aesthetic karena bisa menciptakan atmosfer yang sesuai dengan mkanan yang kalian potret. Contohnya ya, segelas kopi dan sepiring toast bread akan makin bercerita saat ada sebuah koran di sebelahnya, sangat menggambarkan sebuah cerita tentang sarapan pagi kan?

Holiday Stuff

Cocok banget kan kalau sedang di liburan di Bali lalu memotret menu dari La Plancha lengkap dengan kacamata hitam, topi pantai, dompet, maupun sekelebat penampakan pasir pantai. Dengan properti yang begitu maka kerasa banget kan holiday vibes-nya? Nah, kalau kalian tidak sedang berlibur bisa juga kok menciptakan vibes demikian hanya dengan memajang properti-properti ala liburan gitu.

Sentuhan Tangan

Tahukah kalian kalau human connectivity memberikan nilai plus dalam sebuah foto makanan? Faktor ini lah yang akhirnya membuat tagar #handsinframe makin menanjak jumlahnya. Tangan kalian bisa menjadi properti pelengkap dari foto makanan kalian. Misalnya nih, memotret ice cream cone, memegang garpu dan sendok untuk bersiap-siap melahap, atau menggenggam secangkir kopi.

 

Sebenarnya masih banyak sekali properti foto makanan yang bisa kalian gunakan. Kalian bisa berkreasi dengan brainstorming barang-barang di sekitar untuk mendukung kemeriahan foto makanan kalian. Semuanya fleksibel aja sebenarnya, jago-jagoan berimajinasi barang apa sih yang cocok untuk tema foto makanan tersebut.

Yuk, mulai ubek-ubek lemari atau gudang kalian untuk melihat barang apa sih yang bisa kepake di foto makanan kalian!