Kalau sobat suka bereksperimen dengan kamera mainan atau “toy camera” jadul tapi lagi males karena kehabisan film, di iPhone sobat sekarang ada aplikasinya loh! Aplikasi ini sudah ada di iTunes App Store kira-kira setahunan ini. Yuk, mari berkenalan dengan Pop Camera : aplikasi toy camera untuk iPhone.

Berkenalan dengan Pop Camera : Aplikasi Toy Camera untuk iPhone
Sumber : Pop Camera/HIROSHI TAZAWA

Aplikasi ini bisa membantu sobat untuk membuat efek ala-ala toy camera dari cahaya yang sedikit bocor, vignette, maupun oversaturation dalam hasil foto-foto sobat. Aplikasi ini juga ada simulasi dari toy camera seperti variasi rentetan jepret seperti two-shot, four-shot, 12-shot, hingga 16-shot (yang mengambil gambar banyak namun dalam satu gambar) serta 20 film yang bisa dibeli. Sobat bisa memilih format kotak maupun persegi panjang, dan juga terdapat opsi double exposure.

Berkenalan dengan Pop Camera : Aplikasi Toy Camera untuk iPhone
Hasil Pop Camera. Sumber : The Verge

Ketika mengambil foto, kamera ini akan memberikan dua titik atau apapun yang mengindikasikan tipe shot yang sobat pilih. Kedua titik itu akan menyala ketika foto diambil. Ketika sobat menekan tombol shutter, kamera akan langsung mengambil foto. Nah, walaupun sobat memilih single ataupun multiple, sobat akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda karena sobat nggak bisa mengontrol shutter tersebut. Mirip kayak toy camera kan? Untuk tipe-tipe seperti ini, sobat bisa lebih kreatif membuat foto konser ataupun outfit of the day yang anti-mainstream.

Berkenalan dengan Pop Camera : Aplikasi Toy Camera untuk iPhone
Hasil Pop Camera. Sumber :The Verge

Kita tadi sudah membahas filter? Filter maupun sequence shot ini bisa dilakukan setelah mengambil foto, jadi sobat nggak bakalan tahu deh hasil fotonya. Mirip kayak kamera film, sobat nggak diberikan keistimewaan untuk melihat hasil, tapi harus berpikir-pikir lebih dahulu gambar yang akan sobat ambil dari angle, sisi, dan sebagainya. Opsi editing seperti time stamp, frame, filter, dan sebagainya juga ada kok. Jadiii, menurut kita untuk menghabiskan $1.99 di iTunes App Store untuk aplikasi ini, kayaknya worth it banget deh. Nggak hanya sobat menjadi lebih kreatif, sobat juga ditantang untuk kembali ke hobi old school. Hayo, bisa nggak?

 

Kalau sobat sudah pernah coba pop camera, boleh banget hasilnya dikirim ke kita loh! Kita tunggu ya!

 

Baca juga : 

Nikon luncurkan kamera full-frame mirrorless dengan serentetan video keren. Akhirnya!
Mau memotret cukup dengan tekan kacamata kamu? Bisa dengan Snapchat Spectacles!
DJI akan Meluncurkan Mavic 2 Pro dengan Pilihan Banyak Lensa