Sebuah pameran fotografi terbesar di dunia, Photokina 2018, telah berakhir. Beberapa kamera dari perusahaan raksasa telah menunjukkan kamera-kamera terbaru mereka, dari full-frame mirrorless hingga medium-format. Begitu juga dengan lensa-lensa yang keren. Namun, apakah itu Photokina 2018 dan mengapa sangat dinanti-nanti para penggiat dunia fotografi? Berikut adalah selayang pandang tentang Photokina 2018, sang pameran fotografi terbesar di dunia.

 

Photokina tahun ini diselenggarakan di Cologne, Jerman, pada tanggal 26 hingga 29 September lalu. Photokina merupakan sebuah trade fair fotografi yang selalu diselenggarakan di Eropa. Photokina awalnya diselenggarakan pada tahun 1950 di Cologne. Lalu, sejak 1966, Photokina mulai diselenggarakan dua tahun sekali. Namun, sejak tahun ini, Photokina akan diselenggarakan tiap tahunnya.

 

Baca juga :

 

Photokina mirip dengan CP+ di Yokohama, Jepang – yang awalnya Japan Camera Show – dan telah diselenggarakan sejak tahun 1960. Di Amerika Serikat, ada PMA@CES yang telah berlangsung dari 2012 dan bersamaan dengan Consumer Electronics Show di Las Vegas.

 

Photokina selanjutnya akan diselenggarakan bulan Mei 2019. Photokina sangat ditunggu-tunggu oleh para penggiat dunia fotografi, dari jurnalis, pembeli, masyarakat umum, serta fotografer. Bagaimana tidak? Photokina merupakan surga dimana para perusahaan besar fotografi seperti Panasonic, Leica, Sigma, dan sebagainya untuk meluncurkan kamera maupun lensa mereka. Yang lebih kerennya lagi, sobat juga punya kesempatan untuk mencoba kamera-kamera tersebut, loh!

 

Nah, apa saja yang “baru” di Photokina? Inilah beberapa kamera yang diluncurkan di Photokina yang sudah kami kumpulkan buat sobat agar nggak ketinggalan :

 

Nikon Z6

Photokina 2018 Pameran Fotografi Terbesar di Dunia

Kamera ini memang sudah diluncurkan sebelum Photokina. Kamera ini merupakan kamera mirrorless full-frame dari Nikon. Nikon Z6 memiliki 24 MP, kecepatan tinggi, dan pas untuk memotret dalam cahaya yang kurang.

 

Leica S3

Photokina 2018 Pameran Fotografi Terbesar di Dunia

Perusahaan fotografi asal Jerman ini berikan bocoran kamera yang akan mereka luncurkan tahun depan karena masih banyak yang harus mereka upgrade lagi. Leica S3 ini dilengkapi dengan optical viewfinder pada format medium S3.  Kamera ini juga memiliki kemampuan untuk merekam video 4K hingga 3fps.

 

Fujifilm GFX 50R 

Photokina 2018 Pameran Fotografi Terbesar di Dunia

Fujifilm juga meluncurkan kamera GFX 50R, kamera mirrorless dengan 51.4 megapiksel, berbaur dengan sensor format medium dan bodi yang pas.

 

Ricoh GRIII 

Photokina 2018 Pameran Fotografi Terbesar di Dunia

Ricoh GRIII berencana diluncurkan di awal 2019. Kamera ini dilengkapi dengan resolusi hingga 24 MP, serta video recording hingga 1080/60p, autofokus hibrid, dan LCD 3 inci 1juta titik di balik kameranya. Tak hanya itu, kamera ini sangatlah kecil dan pas untuk masuk ke saku.

 

Zeiss ZX1

Photokina 2018 Pameran Fotografi Terbesar di Dunia

Kamera point-and-shoot yang sangat canggih. Sobat memang tidak bisa mengganti lensa yang tertempel, yakni 35mm f/2.0 dengan sensor full-frame. Tak hanya itu, kamera ini memiliki penyimpanan 512GB dimana sobat tidak perlu menancapkan SD card lagi dan ada Adobe Lightroom-nya!