Perkembangan Kamera dari Zaman Dulu hingga Sekarang

0
833
perkembangan kamera

Kamera Obscura

Sumber : http://poiemastudio.blogspot.com/2014/05/kamera-obscura.html

Kamera pertama kali disebut sebagai kamera Obscura yang berasal dari bahasa Latin yang berarti ruang gelap. Ditemukan pada sekitar tahun 1.000 setelah Masehi oleh Al-Haitam atau Alhazen. Kamera ini diciptakan dengan konsep lubang kecil pada kotak gelap yang disinari cahaya mampu menghasilkan gambar. Perkembangan kamera terus dilakukan agar menghasilkan kualitas gambar yang baik.

Pada abad ke-11, Alhazen menulis buku mengenai optik dan akhirnya dipelajari oleh ilmuwan berat seperti Joseph Kepler.

Baca juga : Foodie, Aplikasi Kamera Khusus untuk Foto Makanan

Pelat Kering Collidion

Sumber : https://foto.co.id/sejarah-kamera-dari-masa-ke-masa-8-fase-yang-anda-wajib-tahu/

Digunakan tahun 1857, kamera ini merupakan hasil penemuan dari Desire Van Monckhoven. Empat belas tahun kemudian, kamera pelat kering ini dimodifikasi oleh Richard Leach Maddox yang mampu menciptakan pelat basah dengan kualitas serta kecepatan gambarnya lebih baik. Peran tripod dan alat bantu kamera lainnya tidak terlalu dibutuhkan dalam mengambil gambar.

Kodak dan Kamera Film

Sumber : thesbuima.ml

Pada tahun 90-an pasti familiar dengan kamera yang menggunakan roll film? Lalu bisa juga dicetak menjadi foto yang bisa dilihat sewaktu-waktu. Kamera film ini disebut dengan Kodak dan mulai dikenalkan kepada masyarakat luas sejak tahun 1888. Walaupun kamera Kodak ini berhasil membuat harga yang sesuai tapi kamera pelat masih banyak digunakan karena kualitasnya baik.

Baca juga : Hasil Jepretan Aktor Tampan, Cole Sprouse

TLR dan SLR

Sumber : https://www.lomography.com/magazine/319470-8-tlr-cameras-for-the-creative-photographer

TLR merupakan kepanjangan dari twin-lens reflex, sementara SLR adalah akronim dari single-lens reflex. Pada tahun 1928, Franke dan Rolleiflex pertama kali membuat kamera TLR. Dilengkapi dengan dua lensa objektif dengan panjang focal yang sama. Satu lensa untuk mengambil gambar dan lensa satunya untuk menangkap bayangan.

Pada tahun 1933 dilanjut dengan memproduksi kamera SLR. Terdapat satu buah lensa yang sudah dikombinasikan dengan sensor gambar digital.

Kamera Digital hingga Perkembangan Kamera Mirorless

Sumber : https://www.blibli.com/jual/kamera-canon?page=1&start=0&searchTerm=kamera%20canon&intent=true&merchantSearch=true&customUrl=kamera-canon&category=KA-1000002&sort=7

Kamera digital pertama kali dikembangkan oleh Fuji pada tahun 1988 dengan kapsitas menyimpan gambar menggunakan kartu memori 16MB. Lalu kamera digital dikenalkan kepada masyarakat luas pada tahun 1989. Format foto kamera digital mulai beralih menjadi JPEG dan MPEG.

Baca juga : SJ Cam ION Series untuk Para Pecinta Adventure

Kamera DSLR mulai ditemukan pada tahun 1999 yaitu Nikon D1. Kamera ini mampu menghasilkan gambar yang baik dan beresolusi tinggi. Sampai saat ini kamera DSLR juga masih banyak digunakan oleh para fotografer dengan lensa kamera yang bisa diganti tergantung pada kebutuhan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan mengenai sejarah perkembangan kamera ya!