Perbedaan Kamera Digital dan Kamera Analog

0
55

Kamera sejatinya merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengambil gambar dalam dunia fotografi. Saat ini paling tidak ada dua jenis kamera yang umum dikenal, yaitu kamera digital dan kamera analog. Namun apakah sebenarnya yang membedakan antara dua jenis kamera ini? Yuk kita pelajari sama-sama.

Perbedaan Kamera Digital dan Analog

1. Hasil Jepretan Kamera

Perbedaan pertama antara kamera digital dan analog dapat dilihat dari sisi hasil jepretan kamera. Jika menggunakan kamera digital, Sobat dapat langsung melihat hasil jepretan kameranya, sebab gambar yang dihasilkan berupa data yang disimpan dalam sebuah kartu memori. Sementara jika menggunakan kamera analog, Sobat perlu mencuci film-nya terlebih dahulu baru bisa melihat hasil jepretan sobat.

2. Kemampuan Menangkap Cahaya

Perbedaan kedua, terlihat dari sisi kemampuan menangkap cahaya. Kamera analog dianggap lebih efektif dan maksimal dalam menangkap semua cahaya yang dipantul oleh matahari, sehingga hasilnya gambarnya pun akan lebih baik. Sementara itu, kamera digital cenderung belum maksimal dalam menangkap cahaya, sehingga gambar yang ditampilkan cenderung hanya kontras saja.

3. Proses Editing Gambar

Perbedaan ketiga terletak pada proses editing. Ketika Sobat telah selesai mengambil gambar menggunakan kamera digital, maka sobat dapat melakukan proses editing menggunakan aplikasi komputer. Namun ketika Sobat menggunakan kamera analog, maka proses editing itu dilakukan dengan menggunakan cairan kimia pada saat mencuci film dari gambar tersebut.

Berdasarkan penjelasan tadi maka dapat dipahami bahwa perbedaan antara kamera analog dan digital dapat dilihat dari sisi hasil jepretan, kemampuan menangkap cahaya dan proses editing gambar. Tentunya setiap kamera memiliki aspek kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Oleh sebab itu sebaiknya sobat cermat dalam memilih jenis kamera yang ingin digunakan.

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI