lensa landscape

Pemilihan Lensa Terbaik Untuk Landscape-Pemilihan lensa untuk pemotretan cenderung menjadi bahan pemikiran yang penting bagi fotografer yang baru. Sebagian besar dari kita mungkin suka dengan landscape karena biasanya berhubungan langsung dengan alam. Maka dari itu kita harus melakukan yang terbaik dengan peralatan yang kita miliki, biasanya menggunakan apapun yang ada pada kamera kita saat kita membelinya. Kemungkinan besar lensa yang disertakan pada kita adalah lensa standar. Karena adanya banyak pilihan yang tersedia diarea perbelanjaan peralatan fotografi, banyak orang ragu-ragu untuk bertanya mengenai lensa terbaik untuk fotografi landscape.

Baca juga: Karakteristik Cinematic Lens yang Spesial

Memang benar bahwa lensa kamera memberikan pengaruh yang sangat besar dan dominan terhadap foto yang kamu hasilkan dibandingkan dengan kamera itu sendiri. Ketajaman gambar, perbandingan subjek, jarak pandang fokus, kejelasan suatu gambar, semua itu hampir ditentukan secara eksklusif oleh lensa kamera anda. Hal tersebut membentuk gambar foto Anda, sementara kamera Anda menangkap gambar tersebut.

Baca juga: Max Rive and His Landscape

Walaupun mungkin tampak masuk akal untuk menghabiskan banyak hal pada lensa daripada kamera itu sendiri. Namun, banyak fotografer setuju untuk memilih kamera murah dengan lensa yang berkualitas, dan bukan sebaliknya. Memang lensa terbaik dan yang paling mahal memungkinkan seorang fotografer untuk menggunakan wide apertures f/2 atau bahkan lebih lagi. Lensa ini adalah lensa yang luar biasa dan sangat berguna untuk menciptakan latar belakang yang lembut serta memotret pada cahay yang rendah. Tpi pada umumnya, foto landscape sering dilakukan dengan menggunakan wide apertures.

Baca juga: Pahami Angle foto Ini Agar Foto Liburanmu Lebih Menarik

Itulah sebabnya, menyadari betapa pentingnya lensa untuk menghasilkan foto yang bagus, maka berikut ini adalah beberapa rekomendasi pilihan mengenai lensa yang tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan foto landscape kamu.

  1. ULTRA WIDE dan WIDE ANGLE LENS

lensa landscape

Merupakan pilihan yang sangat populer dikalangan fotografer landscape untuk menghasilkan foto yang bagus. Lensa sudut lebar adalah potret pemandangan yang sangat luas. Meskipun begitu, tetap harus berhati-hati karena kalau terlalu lebar kamu akan mendapatkan efek fisheye, biasanya pada 18mm atau lebih rendah.

Jika anda hanya memiliki satu lensa untuk fotografi landscape, buat lensa tersebut lensa sudut lebar yang bagus. Lensa lainnya pasti memiliki tempat mereka dalam fotografi landscape. Namun, jika lensa anda hanya satu saja, maka buat lensa tersebut menjadi lensa sudut lebar.

Ketika kita mempertimbangkan untuk bergelut dalam foto landscape, maka lensa sudut lebar merupakan pilihan utama. Kenapa? Karena lensa sudut lebar memberikan kita sudut pandang yang luas. Sehingga mampu memberikan kesan sense of depth yang dapat membuat garis horizon tampak lebih jauh.

Berikut ini lensa sudut lebar terbaik untuk foto landscape:

  • Lensa Nikon AF-S 14-24mm FX f/2.8
  • Canon EF-S 15-85mm f/3.5-5.6
  • Tamron 10-24mm f/3.5-4.5
  1. LENSA STANDAR

lensa landscape

Lensa standar menangkap adegan yang dekat dengan bagaimana mata manusia melihat sesuatu, dengan jarak sekitar 50mm. Lensa ini bagus untuk memotret adegan yang lebih rinci. Lensa 50mm dengan f/1.8 yang tetap merupakan lensa yang luar biasa untuk ditambahkan jika anda ingin mengambil gambar jenis lain. Namun, jika anda hanya ingin untuk foto landscape, maka anda dapat melihatnya melalui zoom pada kamera.

Kebanyakan orang yang baru membeli kamera, pada umumnya hanya memiliki lensa kit sebagai lensa standar mereka karena sepaket dengan kamera. Sekalipun murah atau gratis, lensa kit tetaplah bekualitas jika anda bisa menggunakannya dengan benar.

Berikut adalah lensa standar terbaik untuk foto landscape:

  • Lensa Nikon AF-S Nikkor 24-70mm FX f/2.8
  • Lensa Canon EF 24-70mm f/2.8L II
  • Lensa Nikon 50mm f/1.8
  • Lensa STM Canon EF 50mm f/1.8
  1. TELEPHOTO LENS (LENSA JARAK JAUH)

lensa landscape

Tentunya telephoto lens memiliki kegunaanya sendiri sekalipun jarang digunakan untuk fotografi landscape. Kadang foto landscape mencegah anda untuk berada cukup dekat dengan air terjun yang hendak dijadikan objek, atau sesuatu yang lebih rinci. Telephoto lens inilah yang akan menolong kamu seakan berada cukup dekat dengan objek kamu.

Telephoto lens ini cenderung lebih mahal. Tapi, karena anda tidak perlu menggunakan aperture yang super luas saat memotret, maka anda tidak harus membelinya.

Banyak orang beranggapan bahwa untuk menghasilkan foto landscape yang bagus harus menggunakan lensa sudut lebar agar bisa trambil secara menyeluruh. Hal ini tidaklah salah. Namun juga harus dipahami bahwa terkadang sebuah foto landscape dapat menjadi lebih bagus ketika objek terisolasi. Sehingga menciptakan sebuah foto yang lebih sederhana namun kuat. Disinilah oeran tele dibutuhkan.

Tele sangat cocok disaat anda ingin menciptakan foto dengan komposisi untuk memberikan fokus terhadap suatu objek. Berikut lensa tele terbaik untuk foto landscape:

  • Lensa Nikon 70-200mm f/4G ED VR
  • Lensa USM Canon EF 70-2—mm f/4 IS

Sekalipun lensa sudut lebar haruslah menjadi hal pertama yang anda tambahkan pada kamera anda untuk fotografi landscape. Tapi, komposisi dan kreativitas anda hanya akan meningkat, jika anda juga bekerja dengan lensa yang standar dan lensa jarak jauh.

Untungnya, kamu tidak memerlukan lensa yang terbaik dan terang untuk foto landscape. Untuk beberapa kasus, anda mungkin harus mengambil gambar dengan aperture yang kecil serta harus menggunakan tripod. Teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah. Jadilah fotografer yang kreatif.