Tips Mudah Merawat Kamera 360 Derajat Supaya Awet

0
421

Kamera 360 derajat memang mengusung bodi yang lebih kecil jadi merawat kamera ini pun harus ekstra . Secara fungsional, kamera 360 derajat memiliki kemampuan untuk merekam seluruh lokasi dalam jarak pandang 360 derajat. Pengguna tak perlu lagi mengedit foto karena hasil tangkapan kamera 360 derajat murni mengabadikan semua sisi dari lokasi yang direkam.

Menariknya lagi, kamera 360 derajat bisa digunakan dalam segala jenis aktivitas, baik itu di dalam ruangan atau luar ruangan. Hasil jepretan kamera ini pun bisa dibagikan ke media sosial.

Berikut tips agar kamera 360 derajat anda bisa awet dan terawat dengan baik. Apa saja cara yang harus dilakukan?

Baca juga: TOP 5 Kamera 360 Derajat Terbaik di 2019, Simak Selengkapnya

Abadikan Momen dalam Tempat yang Aman

Karena ukurannya kecil, pastikan penggunaan kamera 360 derajat berada di lokasi yang aman dan mudah dikontrol. Anda setidaknya bisa mengira lokasi paling aman kamera diletakkan sekitar 1,5 meter dari tempat anda berdiri.

Sebab, jika diletakkan dalam jarak jauh, kamera bisa hilang atau terdorong oleh angin. Bahayanya lagi, kamera dapat ditabrak oleh kendaraan atau diinjak secara tidak sengaja.

Anda bisa mengakali hal ini dengan menggunakan tripodSamsung Gear 360 contohnya, punya perangkat mini tripod yang bisa diletakkan dalam posisi tinggi. Anda pun bisa memanfaatkan tripod wide-base agar kamera tetap mengambil gambar dari seluruh sisi dengan baik dari jarak tinggi.

Jika anda tidak terbiasa menggunakan tripod, anda dapat mengabadikan momen dengan mengangkat kamera 360 derajat setinggi-tingginya. Dengan begitu, kamera akan mengambil foto atau video dari jarak tertinggi.

Pastikan Kapasitas Daya

Kapasitas daya menjadi salah satu pertimbangan utama pengguna kamera 360 derajat. Sebab, saat merekam video 360 derajat, pengguna harus mengecek kapasitas kalau kehabisan daya.

Jika hal ini sering dilakukan, usia baterai kamera otomatis akan berkurang lebih cepat.

Pastikan anda harus mengecek kapasitas daya penuh sebelum merekam video 360 derajat. Dalam kapasitas penuh, anda setidaknya bisa merekam video dalam durasi yang cukup lama.

Namun, jika kapasitas baterai yang digunakan tinggal setengah, anda harus mengisi ulang kembali dan memastikan baterai tidak masuk dalam kondisi low-battery.

Agar kapasitas baterai lebih awet, anda bisa mengakalinya dengan meminimalisir penggunaan aplikasi. Pada umumnya jika kamera 360 terkoneksi dengan smartphone, kapasitas baterai akan berkurang sekitar 1% per 1 menit tampilan langsung (live view) atau saat merekam video.

Namun jika anda hanya menggunakan kamera tanpa terhubung ke aplikasi di gadget lain, baterai akan bertahan lebih lama, terutama untuk penggunaan foto, dan bukan video.

Baca juga: Fujifilm Instax Mini 90, Kamera Instan Retro yang Serba Bisa

Merawat Lensa

Lensa adalah instrumen paling vital yang ada di kamera 360 derajat. Karena itu, membersihkan lensa pun termasuk ke salah satu perawatan wajib.

Lensa yang bersih berarti bisa menghasilkan foto atau video yang jernih. Anda bisa membersihkan lensa 360 derajat dengan kain microfiber. Jangan gunakan kain lain atau tisu, karena bisa mengakibatkan risiko baret pada lensa.

Selain menggunakan kain microfiber, anda juga bisa menambahkan cairan pembersih untuk lensa. Jangan gunakan air keran karena berisiko dapat merusak lensa.

Anda bisa beli cairan pembersih khusus di toko perawatan kamera. Semprot cairan pembersih ke lensa, usap dengan kain microfiber secara perlahan hingga lensa benar-benar bersih dari kotoran kecil seperti debu.

Gunakan Pelindung

Terakhir, untuk perawatan yang lebih awet, anda bisa menggunakan pelindung semacam casing atau tas kecil.

Tujuannya adalah untuk menyimpan kamera 360 derajat anda dari benturan, atau mengurangi risiko jatuh dan terlindas. Dengan menyimpan kamera di dalam pelindung, kamera 360 derajat anda pun aman tersimpan dan bebas gangguan debu dan partikel kecil yang bisa merusak lensa.

Baca juga: Brica B-Pro 5 SE, Drone Compact yang Andal Untuk Fotografi

Itulah beberapa tips atau cara merawat kamera 360 derajat agar tidak mudah rusak atau agar lebih awet, semoga bermanfaat.

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI