Awal bulan Agustus, Nikon menyelenggarakan kembali event fenomenal bagi para fotografer untuk saling sharing ilmu di Nikon On The Road. Kali ini Nikon bekerja sama dengan Komunitas Nikon Club Jawa Timur dengan mengusung tema Creative Photography di Jawa Timur Park 3. Nikon menunjuk dua pentolan fotografer officialnya, yaitu Martha Suherman dan Hendra Lesmana.

Keduanya pasti sudah tidak asing di telinga para fotografer Indonesia. Martha Suherman adalah fotografer perempuan yang jago di bidang creative portrait photography, serta Hendra Lesmana yang jago di bidang creative wedding. Keduanya saling berbagi dua kesamaan, yaitu pengguna Nikon, dan tidak pernah berhenti untuk terus mengasah otak kanan dalam menghasilkan karya yang fenomenal.

Martha Suherman membuka workshop dengan presentasinya dalam menghasilkan karya fotonya. Satu poin penting yang selalu menonjol di karya Martha adalah setiap movement yang dijadikan nilai plus dalam fotonya. Sementara, Hendra juga tidak kalah gemerlapnya dalam menghasilkan foto-foto wedding yang begitu out of the box.

Dalam workshop kali ini, ada poin-poin yang berkesinambungan dalam eksekusi projek foto yang didapat oleh kedua fotografer professional ini. Berikut adalah kiat-kiat agar bisa menghasilkan foto yang kreatif dalam genre fotografer apapun:

Concept

konsep sangat penting agar saat eksekusi projek tiba, kalian tidak merasa kebingungan karena sudah tahu arah-arahnya. Membuat konsep bisa dimulai dengan brainstorming ide, meneliti momen atau objeknya, dan lain-lain.

Previsualisation

Setelah menemukan ide yang pas, peragakan ide tersebut dalam bentuk visual. Terlebih lagi saat kalian membutuhkan bantuan klien atau saat klien kalian ingin melihat konsep kalian.

Team & Tools

Saat bekerja bersama team, tentu kalian butuh untuk saling terhubung satu sama lain untuk menuju satu tujuan yang sama. Mulai briefing, hingga bertukar pikiran agar kalian bisa memiliki tim yang kompak. Jangan lupa untuk saling percaya satu sama lain dengan peralatan yang sudah menjadi kewajiban masing-masing. Pelajari dan temukan zen dengan peralatan yang kalian gunakan.

Location

Mempelajari lokasi merupakan aspek yang penting juga lo. Dengan mengetahui medan bertarung, tentu kalian semakin mudah untuk beradaptasi dengan sekitar. Saat kalian tidak bisa langsung mendatangi lokasinya, maka kalian bisa berselancar di internet untuk mengintip gambar-gambar lokasi yang akan dituju.

Poin-poin di atas bisa jadi sebuah kerangka yang mendukung lahirnya sebuah ide kreatif. Kreatifitas manusia lahir dari insan-insan yang tidak pernah lelah untuk terus belajar. Mengutip perkataan Hendra, “Be stubborn, be different, and go beyond!” Jangan pernah lelah untuk mengejar sebuah momen.