Sobat punya kamera Instax atau yang biasa kita kenal Polaroid? Kalo sobat bosan dengan mengambil foto yang itu-itu saja atau bingung dengan setting kamera Instax untuk mengambil foto yang bagus, inilah cara menyiasati kamera Instax.

Kamera Instax lagi populer banget karena warna-warna kamera yang bagus dan kita sering memanggilnya dengan kamera Polaroid. Nah, sebenarnya kamera Instax ini dari Polaroid atau bukan?

Menyiasati kamera Instax

Oke, sobat, Instax merupakan jenis kamera still instan beserta dengan film instan keluaran Fujifilm. Kamera Instax sebenarnya sudah lama loh, sobat, dari tahun 1998. Baru di tahun 2017, kamera Instax Square dengan format kamera analog. Baru-baru ini, Fujifilm meluncurkan seri Instax Square SQ6 dengan aspek rasio 1:1 ala kamera analog. Lalu, ada hubungannya dengan Polaroid? Ada! Film instan Fujifilm merupakan hasil peningkatan dari film instan Polaroid yang dikeluarkan oleh Eastman Kodak Company di tahun 1970 dan 1980.

Oke, without further ado, kita akan membahas kamera Instax Mini 8. Instax ini memiliki kecepatan film ISO 800 serta temperatur warna hingga 5500K. Memang sih, saat kamu membeli kamera tersebut, kamu bakal ngira kamera kamu rusak : kok gelap hasilnya?

Menyiasati kamera Instax
Tombol dial kamera. Sumber : Heidi Swapp

Nah, karena kamera kamu sudah memiliki shutter speed yang telah diatur, kita tidak bisa mengatur shutter. Untuk itu, kunci “bermain”nya ada di icon dekat lensa kamera kamu. Jadi, sebelum memotret biasanya ada cahaya merah yang menandakan bahwa kamera kamu mendeteksi cahaya tersebut menjadi apa. Gunanya sama aja kayak kamera DSLR, gunanya deteksi adalah untuk membuka aperturenya. Semisal, kamera instax kita akan memilih ke “cloud” atau “house” untuk kondisi cahaya yang kurang agar foto kamu memiliki cahaya yang sesuai. Sebaliknya, “sun” atau “cahaya terang” ketika kamera instax mendeteksi cahaya yang sangat cerah. Jangan lupa untuk menyalakan tombol dial pada kamera agar menyesuaikan terhadap cahaya yang ada.

Menyiasati kamera Instax
Sumber : Heidi Swapp

Kalau kamu kurang puas terhadap hasil foto, semisal kamu ingin membuat foto hasil kamu lebih cerah, kamu harus menekan tombol dial kamera kamu pada setting yang lebih gelap. Semisal, kamu ingin memotret sesuatu di luar namun kamera kamu mengira sedang “cloudy”. Nah, kamu ingin memotret lebih cerah. Kamu bisa menekan tombol “house”. Jadi, kamu menyuruh kamera kamu untuk menyetel ke setting yang lebih gelap. Mudah, kan?

Menyiasati kamera Instax
Sumber : Heidi Swapp

Gunanya untuk tombol hi-key adalah untuk memberi eksposur lebih pada foto. Semisal, kamu ingin memotret dalam ruangan namun pilihan “house” serta flash malah membuat foto kamu lebih gelap. Hi-key adalah setting lebih gelap dari “house”.

Menyiasati kamera Instax
Sumber : Heidi Swapp

Oke, that’s it! Namun, inilah beberapa hal yang bisa kamu ingat :

  1. Jangan gunakan flash. Percaya deh, hasilnya bakalan aneh
  2. Kisaran focal kamera adalah 2-8 kaki. Kalau kamu memotret lebih dekat atau lebih jauh, bisa-bisa fokus kameramu malah tidak jelas.
  3. Pemotretan outdoor lebih bagus daripada pemotretan indoor untuk Mini 8.
  4. Ketika menggunakan hi-key lebih baik gunakan di ruangan yang memiliki cahaya yang cukup. Namun, jauhi hi-key ketika di luar ruangan.
  5. Ketika ragu-ragu, kamu bisa menggunakan tombol dial kamera untuk menyesuaikan dengan cahaya yang ada.

Mudah, kan? Selamat mencoba! Oh ya, kamu bisa mengirim foto-foto hasil instax kamu saat mencoba triks ini loh! Kami tunggu!

 

Baca juga :