Mengenali Fotografi Still Life

Fotografi still life sangatlah populer, sobat. Fotografi still life merupakan fotografi yang “menghidupkan benda mati”. Dalam fotografi ini, kamu, sebagai sang fotografer, harus memiliki kemampuan khusus dalam mengambil foto ini dari posisi, latar belakang, pencahayaan. Yuk, mengenali fotografi still life lebih jauh!

Fotografi still life ini sangat populer, terutama di Instagram.  Dalam fotografi still life ini, fotografer harus menciptakan gambar dengan kendali penuh pada pencahayaan, mood, hingga komposisi. Benar, seperti nahkoda, fotografer memegang kendali penuh dalam karya yang akan mereka ciptakan di sini. Still life menunjukkan kreatifitas dan gaya sang fotografer. Jangan anggap fotografer still life ini membosankan, malah fotografi ini membuat portfoliomu lebih unik dan kreatif loh.

Mengenali Fotografi Still Life
Sumber : Lupsona

Berikut adalah 7 hal yang harus kamu ingat jika kamu ingin berkecimpung dalam fotografi still life.

1. Membuat Konsep Foto 

Dalam komposisi, kamu bebas memindahkan subjek kamu tanpa membuat subjek kamu marah ataupun bosan (karena bukan orang hahha). Dalam menciptakan komposisi di sini, anggaplah dirimu sebagai desainer grafis yang sedang membuat sebuah gambar.

Jangan lupa perhatikan jarak diantara subjek-subjek kamu ya. Komposisi kamu akan semakin baik jika menambah ataupun mengurangi jarak negatif (negative ataupun white space).

4. Pencahayaan

Mengenali Fotografi Still Life
Sumber : Trendland

(alias lighting, bukan lightning). Pencahayaan yang bagus sangaaat penting di fotografi still life. Karena kamu benar-benar memiliki kontrol pada lingkungan kamu, pencahayaan yang buruk bukan jadi alasan, loh.

Kalau kamu menggunakan cahaya natural, kamu bisa tentukan waktu yang pas untuk memotret atau menunggu hingga cahayanya membaik. Jika menggunakan flash, ketahui cara membelokkan cahaya, gunakan flash eksternal, dan gunakan reflektor.

5. Latar Belakang

Tentu saja, latar belakang memiliki peran penting dalam menciptakan cerita di foto kamu. Pikirkan apakan latarmu terlihat in-focus ataukah out-of-focus; apakah latarmu memiliki tekstur ataukah tidak; latarmu berwarna ataukah tidak. Kamu bisa mengeksplorasi dengan mengganti-ganti latar belakangmu dengan subjek yang sama, kok.

6. Keluarlah!

Kalau kamu bosan foto di dalam ruangan, keluarlah! Banyak sekali subjek yang bagus di outdoor : dari daun, jalanan, bebatuan warna-warni di pantai. Tantangannya adalah kamu agak kesulitan untuk menentukan lingkungan kamu.

7. Be creative!

Mengenali Fotografi Still Life
Sumber : Refinery29

Tidak ada batasan dalam fotografi still life. Bermain-mainlah dengan semua ide yang ada di kepala kamu. Kamu bisa menyampaikan pesan apapun dalam foto kamu, simbol, arti; bagaikan membuat sebuah lukisan. Be creative and good luck! 

 

Baca juga :

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.