• Home

Mengenal Automatic Exposure Bracketing – AEB

 

Fotografi Pemula – Pernahkan sobat pada saat memotret menemui kesulitan menentukan exposure saat kondisi pencahayaan yang sedikit ‘tricky‘ atau terdapat banyak variasi antara area terang dan gelap? Satu cara ketika menghadapi situasi ini adalah dengan menggunakan pengaturan Manual pada kendali exposure kamera, dan ambillah beberapa foto untuk melakukan pengujian. Nah, tetapi masalah yang timbul dengan melakukan trial and error adalah Waktu, dan jika Sobat memotret pada kondisi yang berubah-ubah (seperti pada saat sunset dengan cahaya yang berganti dari waktu ke waktu), kalian tentu akan kehilangan ‘momen’ pada saat mencari pengaturan yang pas.
mengenal automatic exposure bracketing

Salah satu fitur yang telah dimiliki oleh kebanyakan kamera DSLR dan bisa membantu pada saat kondisi seperti ini adalah ‘Automatic Exposure Bracketing‘ (AEB), dengan memilih mode pengaturan ini maka kalian dengan cepat mampu untuk memotret Tiga foto (biasanya memang Tiga) dengan tingkat exposure yang berbeda, tanpa merubah pengaturan apapun secara manual. Berikut ini adalah contoh yang bisa mengilustrasikannya:

 

Kamera akan memilih Satu exposure berdasarkan metering yang tepat ketika kalian menggunakan mode Automatic Exposure Bracketing, lalu kemudian mengambil foto lain satu overexpose dan underexpose. Menggunakan mode ini, berarti kalian akan mendapatkan Tiga foto yang memiliki komposisi yang sama tetapi dengan exposure berbeda, dan tentu kalian bisa memilih mana yang paling bagus bukan?


Jika kamera kalian memiliki mode brust (continuous shooting), maka Tiga foto tersebut bisa didapatkan dengan menekan tombol shutter beberapa waktu sampai ketiga foto tersebut tercapture. Jika kamera kalian hanya mendukung single shot maka Sobat harus menekan tombol shutter sebanyak Tiga kali.


Setiap kamera memiliki cara sendiri dalam pemilihan AEB. Kamera seperti Nikon D70 memiliki tombol fitur di sisi bagian belakang (BKT), sementara kamera lain seperti Canon memiliki akes ke AEB pada menu.


Coba buka kembali buku manual kamera kalian, dan lihatlah bagaimana cara menggunakan fitur Automatic Exposure Bracketing. Kebanyakan mengijinkan kalian untuk menentukan variasi stop di setiap foto. Sebagai contoh:  Sobat ingin variasi dengan rentang stop cukup jauh diantara setiap foto, maka Sobat harus memilih beda 2 stop, atau bahkan kebalikannya hanya setengah stop. Untuk memulainya sobat bisa menggunakan 1 stop.


Agar bisa memiliki kontrol atau kendali lebih pada pengaturan Automatic Exposure Bracketing, kalian bisa menggunakan baik Mode Aperture Priority atau Shutter Priority. Penggunaan AEB dengan mode Aperture Priority berarti Sobat bisa menentukan Aperture yang diinginkan, dan menginstruksikan pada kamera agar menentukan Shutter Speed yang dibutuhkan pada setiap gambar. Sedangkan AEB pada Shutter Priority berarti kamera akan tetap pada shutter speed yang kalian tentukan, tetapi akan menentukan variasi Aperture pada setiap gambar atau foto.

1 COMMENT

  1. Artikel-artikel yang disajikan melalui situs ini sangat bermanfaat bagi saya yang baru mengenal fotografi dalam 2 tahun belakangan ini. Saya banyak belajar dan menarik manfaat setelah membaca seluruh artikel yang dimuat di situs ini. Terima kasih sudah berbagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Discover

Sponsor

Latest

Menggunakan Focal Point Dalam Fotografi

Teknik Fotografi - Bagi Sobat yang baru menekuni dunia fotografi, pada saat kalian memotret dengan digital kamera cobalah sesekali berhenti dan tanyakan ini pada...

Nikon Coolpix P1000 Bisa Zoom hingga 125x! Wih!

Kalau biasanya kita disuruh memperbesar (zoom) gambar dengan berpindah tempat, yah ini tidak berlaku untuk Nikon Coolpix P1000! Kamera compact Nikon yang baru dirilis...

Bagaimana Memilih Pengaturan Shutter Speed Ideal

Tips Fotografi - Dalam menghasilkan foto yang bagus tidak hanya selalu tentang memiliki dan menggunakan kamera atau perangkat fotografi yang mahal. Mengerti tentang Shutter...

Foto Makanan Komersial, Tips Jitu Untuk Membuat Makanan Terlihat Menjual

Saat datang ke sebuah restoran tentu kita sering melihat foto-foto makanan yang mejeng di dinding atau buku menu. Foto makanan yang terlihat cantik dan...

Tips Fotografi Potrait Dasar yang harus kamu ketahui!

Setelah kamu mengetahui cara-cara dasar memotret untuk teman yang bukan model, kini kamu bisa bermain lebih untuk memotret model. Fotografi potrait sebenarnya menantang, kamu...