Smartphone

Saat ini ponsel sudah menjelma menjadi smartphone yang menyediakan fitur yang menarik. Misalnya seperti fitur Kamera Smartphone. Ada banyak merek ponsel yang memberikan fitur khusus pada kameranya. Cukup banyak pengguna smartphone yang hanya mengandalkan kamera untuk perangkat dokumentasi dan fotografi. Namun, ada beberapa orang yang kurang puas dengan hasil jepretannya. Dari segi kualitas maupun isi foto itu sendiri. Tapi tenang, buat Sobat yang masih kurang puas berikut tips memotret smartphone.

Baca juga:Foodie, Aplikasi Untuk Foto Makanan

Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

  • Pencahayaan

Pastikan saat mengambil gambar mengerti kondisi dari pencahayaan. Biasanya kondisi cahaya pada pagi hari atau menjelang senja yang bagus. Hal ini memilki kemungkinan untuk menghasilkan foto yang biasa menjadi luar biasa.

  • Fitur Zoom

Usahakan dalam memotret gambar jangan menggunakan fitur zoom. Karena hasil zoom dari ponsel biasanya sangat buruk. Jika ingin mengambil gambar yang lebih dekat, maka mendekatlah dengan kaki Anda, bukan dengan tombol zoom.

  • Eksposur dan Fokus

Saat akan memotret pastikan fitur eksposur dan fokus sudah terkunci. Jika menggunakan kamera default, tekan/tap dan tahan tombol shutter. Ketika tanda kotak berkedip, artinya eksposur dan fokus sudah terkunci.

  • Editing

Foto yang sudah dijepret jangan langsung dibagikan .Ada baiknya diedit terlebih dahulu agar hasilnya semakin berkualitas. Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa di unduh smartphone seperti Lightroom, Snapseed, dsb.

  • Tidak Perlu Teknik

Terkadang terlalu banyak teknik juga membuat hasil dari jepretan tidak maksimal. Akan lebih baik jika Sobat melatih kemampuan dalam melakukan observasi sehingga mengetahui bagaimana cara memotret sesuai dengan kondisi.

  • Mengamati secara Mendalam

Filter tidak bisa mengganti mata yang baik. Belajar untuk memperhatikan momen, cahaya, dan objeknya. Terlebih untuk keperluan jurnalisme, lebih baik tidak memakai filter apapun.

  • Belajar dari fotografer lain

Cara memotret fotografer lain akan menjadi inspirasi bagi Anda. Banyak hal yang sebelumnya tidak terpikirkan menjadi jelas setelah melakukan pengamatan.

Nah, sudah tahu kan apa saja tips-tips memotret dengan kamera smartphone. Tunggu apalagi! Yuk, dicoba dengan smartphone Anda.

Baca juga: Aplikasi Edit Instagram Story Biar Makin Kekinian