memotret bayi
Freepik

Ada satu genre fotografi yang kini sedang di atas angin, ada yang bisa menebak? Tentu genre fotografi yang satu ini masih berhubungan dengan kehidupan manusia sama seperti genre lainnya, namun genre yang satu ini terbilang cukup tricky dan pastinya membuat jantung serasa deg-deg serr karena tanggung jawabnya yang luar biasa. Jadi, genre fotografi tersebut adalah memotret bayi! Siapa sangka seorang insan yang masih polos juga bisa menjadi work of art dalam seni memotret bayi.

Freepik

Jangan canggung, terutama bagi kalian yang belum pernah berurusan dengan makhluk suci tidak berdosaa ini. Memotret bayi memang memiliki banyak tantangan, namun akan banyak tips dan trik yang akan menggungah ide serta semangat kalian untuk mendapatkan momen yang tepat dalam sesi memotret bayi ini.

Baca Juga : Basic Videografi Singkat Untuk Para Vlogger Pemula

Simak tips memotret bayi bagi fotografer pemula anti panik nan lancar jaya disini:

Pelajari Cara Berinteraksi Dengan Bayi

Umumnya, memotret bayi baru lahir bisa dilakukan sejak bayi baru lahir hingga seminggu ke depan. Tentu ada alasan di balik maksud tersebut, karena kondisi bayi yang masih lentur sehingga lebih leluasa untuk dipose. Untuk itu, kalian juga sudah harus memahami cara menyentuh bayi dengan baik dan pahami pose-pose yang baik untuk bayi.

Ambil Angle Aman

Sewajarnya, bayi bukanlah model umum yang bisa kalian perintah untuk pose bermacam-macam untuk diambil dari banyak angle, maka dari itu penting untuk memilih angle yang aman untuk memotret bayi. Ada banyak angle aman yang bisa kalian eksplor loh, misalnya angle top view, eye level, dan lain-lain.

Ajak Orang Tua Ikut Serta

Dalam sesi memotret bayi jangan sampai absen kehadiran kedua orang tuanya untuk menyaksikan sang buah hati beraksi. Keberadaan orang tua bisa membantu kalian untuk menata bahkan kalian bisa langsung mengkonfirmasi apakah mereka suka dengan jepretan kalian atau tidak. Komunikasi menjadi poin penting di tips yang satu ini.

Atur Pencahayaan

Untuk memotret bayi kalian harus memastikan agar pencahaayn tersebut tidak mengganggu kenyamanan sang bayi. Kalian bisa menggunakan cahaya natural, ataupun flash. Namun, jangan sekali-sekali menggunakan direct flash diarahkan langsung ke sang bayi ya.

Berkreasi Dengan Properti

Dengan beragam property yang menggemaskan tentu akan makin meningkatkan hasil potret kalian. Mulailah dengan mengumpulkan tema-tema yang menjadi favorit orang tua seperti bunga-bunga, tentara, keranjang lucu, kartu bulanan, dan lain-lain.

Baca Juga : Membuat Studio Sendiri Agar Makin Produktif Dalam Berkarya

Tidak sulit bukan memotret bayi? Tentu tips-tips ini bisa kalian implementasikan untuk bayi klien maupu bayi kalian sendiri nantinya. Merekam momen-momen berharga memang akan selalu menjadi hal yang menarik bagi siapa saja.