Tips Membeli Kamera Pertama untuk Fotografer Pemula

Apakah anda berniat membeli kamera dalam waktu dekat? Perlu diketahui jika ada banyak sekali jenis kamera, merek kamera, spesifikasi dan harga yang dipertimbangkan untuk membeli kamera. Jika masih bingung dalam memilih kamera yang sesuai untuk fotografer pemula, ada baiknya untuk membaca 4 tips membeli kamera pertama ini.

Sebelum membaca artikel ini lebih jauh, pastikan sudah memiliki budget dulu. Jika belum, Anda tetap bisa lanjut membaca sambil menabung untuk mengincar kamera terbaik untuk pemula. Pasalnya, harga kamera itu sangat bervariatif. Dari harga kamara murah hingga mahal pun ada. Semua tergantung dengan kebutuhan dan kantong Anda.

Agar tidak terjebak dan salah memilih kamera pertama, berikut adalah tips membeli kamera pertama yang bisa diikuti.

Tips Membeli Kamera Pertama

Menentukan Harga Kamera

Kalau nurutin harga kamera memang tak ada habisnya. Itu sebabnya, pastikan membeli kamera sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai membeli kamera yang lebih mahal dari kemampuan yang justru bikin sengsara. Bagaimana dengan cicilan? Cicilan memang bisa jadi fasilitas pembayaran tapi pastikan mampu membayar cicilan kamera hingga selesai setiap bulan.

Jika butuhnya tak tergesa-gesa, sebaiknya menabung terlebih dahulu sebelum membeli kamera. Setidaknya budget membeli kamera yang Anda punya lebih dari cukup. Ya bukan menjadi rahasia lagi jika semakin tinggi harga kamera maka kamera tersebut semakin bagus. Meskipun hal ini juga tergantung pada spesifikasinya. Sehingga selain menyesuaikan harga kamera dengan budget yang ada, perlu juga untuk menyesuaikan spesifikasi kamera yang ingin beli.

Pikirkan Spesifikasi Kamera dan Kegunaan

Beli kamera untuk apa? Jangan sampai salah membeli kamera karena setiap kamera punya spesifikasi dan kegunaan yang tidak sama. Akan amat disesali ketika sudah membeli tapi justru nganggur karena tidak dibutuhkan. Untuk itu, penting untuk menyesuaikan kebutuhan dan kegunaan dengan spesifikasi dari kamera.


Mirrorles merek Sony Alpha A6400

Kamera yang akan gunakan untuk mengambil gambar potret wajah, akan kurang bagus untuk kamera yang bawa sambil berpetualang. Jika ingin membeli kamera yang bisa dibawa bepergian, pilih kamera yang memiliki spesifikasi kuat dari segi bahan seperti action cam.

Sementara jika ingin menggunakan kamera untuk berfoto di ruangan, sebaiknya membeli kamera yang memang baik dari segi kualitas seperti DSLR atau mirrorless.

Seberapa Sering Akan Menggunakan Kamera

Pikir baik-baik, akan seberapa sering kamera tersebut akan digunakan. Hanya untuk kuliah kelas fotografi, sebulan sekali, atau setahun sekali saat lebaran? Kamera terbaik bagi anda sesungguhnya adalah yang sering dipakai.

Jika butuhnya hanya sesaat, maka opsi membeli kamera dapat Anda diurungkan. Sewa kamera atau meminjam teman tentu akan lebih baik.

Nikon DSLR

Jika rutin untuk menggunakan kamera karena untuk hobi atau profesional bisa membeli kamera yang agak mahal seperti DSLR atau mirrorless.

Menentukan Tipe Kamera

Tipe kamera ini masih berhubungan dengan kegunaan kamera. Jika Anda hobi fotografi, maka membeli DSLR adalah salah satu pilihan yang tepat. Tipe kamera ini menghasilkan foto yang berkualitas tinggi, yang tentunya bisa digunakan untuk beragam jenis ukuran. Tapi, memang kamera DLSR harganya tak murah berkisar 5 hingga lebih dari 7 juta.

Jika ingin memiliki kamera yang mudah digunakan dengan harga relatif murah, sebaiknya beli pocket camera atau kamera saku. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Point and shoot saja. Dalam artian, hanya tinggal membidik objek, lalu mengambil fotonya.

kamera pocket merek Canon IXUS 190

Untuk yang sering traveling tapi ingin punya foto kualitas baik, maka mirrorless bisa menjadi pilihannya. Kualitasnya tak kalah dengan dengan DSLR. Bedanya, mirrorles ini tampil dengan bentuk dan desain yang lebih sederhana, sehingga asngat mudah dibawa bepergian.

Baca juga: Perbedaan Kamera DSLR dengan Mirrorles

Sekian tips membeli kamera untuk pertama kali. Saat ini ada banyak Merek kamera yang bisa dipilih sebut saja Canon, Nikon, Fujifilm, Sony, dan sebagainya.

Semoga tidak bingung melihat puluhan jenis kamera yang berjajar saat masuk di toko kamera.