lomba fotografi

Lomba Fotografi kini menjadi hal yang tidak asing lagi bagi banyak orang.  Baik untuk para fotografer andal hingga mereka yang baru mengenal kamera. Tak hanya itu, panitia lomba terkadang memberikan tantangan bagi peserta seperti fotografi On The Spot.

Salah satu contoh lomba fotografi On The Spot ini berlangsung kemarin pada 11-16 Desember 2018 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada acara ISEF 2018 (Indonesia Shari’a Economic Festival) di Grand City, Surabaya.  Lomba Fotografi sendiri dibagi menjadi dua kategori yakni Lomba Fotografi Smartphone dan Lomba Foto Produk.

Baca Juga : Musim Hujan Sudah Tiba, Siapkah Kalian Para Fotografer?

Persyaratan dalam mengikuti lomba ini mudah, mulai dari menggunggah hasil foto ke akun Instagram peserta, pemberian caption foto hingga pemberian hashtag yang telah ditentukan oleh panitia. Bedanya hanya pada kamera yang digunakan, Sobat. Pada Lomba Foto Produk menggunakan kamera professional.  Selain itu, pendaftaran lomba ini tidak memungut biaya apapun. Hadiah yang diberikan bagi ketiga pemenang di setiap kategori juga tak kalah menarik, mulai dari Rp750.000,- hingga Rp7.500.000,-

Baca Juga : Waktunya Belanja Alat Tempur Foto Dan Videomu Di Harbolnas

Tim Infotografi juga berhasil berbincang dengan salah satu peserta lomba, Pak Fendy. Yuk, intip perbincangan tim Infotografi dengan beliau.

 

Apakah kategori yang diikuti serta mendapat informasi dari mana?

Saya ikut Lomba Foto Produk karena saya sendiri memiliki hobi fotografi terutama pada food photography. Informasi mengenai lomba ini dapat dari teman yang menjadi UKM binaan Bank Indonesia.

Adakah tantangan serta kendala yang dihadapi saat mengikuti lomba?

Kendala yang saya alami di lomba kali ini yaitu tempat foto yang disediakan dari panita hanya empat spot foto. Selain itu, panitia juga tidak menyediakan time keeper untuk setiap peserta pada tiap spot foto. Alhasil, kami sendiri yang mengatur antrian.

Adakah tips untuk ikut serta dalam lomba fotografi On The Spot dan Food Photography?

Pastinya saat persiapan, kita wajib memahami syarat yang telah ditentukan oleh panitia mulai dari persiapan kamera, konsep foto serta melakukan survey sehari sebelum lomba berlangsung. Jika itu lomba foto On The Spot, pastikan konsep itu sudah matang.

Untuk Food Fotography, kita harus mencari angle yang baik untuk objek yang dipotret. Pahami karakteristik produk. Kemudian, sebisa mungkin hasil foto dapat menggugah selera orang yang melihat. Terakhir, perhatikan proporsi antara objek dan ornamen. Buat agar ornamen tidak mengalahkan objek foto utama.

Baca Juga : Pentingnya Konten Kreator Dalam Memajukan Pariwisata Indonesia

Nah, Bagaimana tips yang disampaikan Pak Fendy di atas, Sobat? Siap ambil kamera dan menangkap momen keren?