Lensbaby adalah lensa yang anti-mainstream : buat efek-efek foto kece, namun nggak perlu edit dari photoshop. Setelah mengeluarkan lensa Burnside 35 dengan efek vignette dan bokeh, Lensbaby mengeluarkan lensa baru lagi bernama Sol. Lensa terbaru dari Lensbaby ini sudah bisa dibeli, dengan mengocek saku sekitar $199.95. Lensa Sol ini merupakan lensa dengan panjang fokal 45 mm yang bikin foto sobat lebih kece lagi. Tersedia untuk Canon EF, Nikon F, Sony A, Pentax K, Sony E, maupun mounts Fuji X. Untuk yang versi 22mm bisa untuk Micro Four Thirds.

Lensa terbaru dari Lensbaby, Sol, Bikin Foto Lebih Kece Lagi
Lensbaby : Lensa Sol. Sumber : The Phoblographer

Lensa Sol ini benar-benar manual; dengan aperture tetap f/3.5. Keunikannya tak hanya sampai situ, lensa ini beroperasi secara manual, memiliki panjang fokal dari medium hingga paling panjang, dan aperture lambat ini pas buat potrait dengan pencahayaan bagus, apalagi kalau sobat menggunakan kamera dengan sensor berukuran APS-C daripada full frame.

Lensa terbaru dari Lensbaby, Sol, Bikin Foto Lebih Kece Lagi
Sumber : Lensbaby

Yang lebih menantang lagi, lensa Sol ini hanya punya lingkaran fokus yang kecil sehingga bisa membuat fotomu bokeh secara alami. Ada “silet” yang bisa diatur di depan lensa tersebut agar kamu bisa menentukan latar belakang mana yang harus blur dan tidak, ataupun memberikan tekstur. Efek ini one of a kind loh, karena belum ada lensa yang kayak begini kan?

 

Dari beberapa ulasan, inilah kehebatan dan kekurangan dari lensa Sol. Pertama, field of view yang sempit dari Sol serta aperture lambat ini bikin sulit memotret di tempat indoor dengan pencahayaan kurang jadi sulit untuk mendapatkan fokus yang pas. Kalau outdoor dengan pencahayaan pas, jadi lebih mudah deh. Tak hanya itu, fokus yang sedikit itu malah bikin latar belakang terlihat lebih “sibuk”. Jadi yaaa belum bisa dibilang yang “paling terbaik” dari lensa standar untuk potret maupun zoom, deh.

 

Tapi, kalau sobat suka lensa murah dan bereksperimen, kenapa nggak?

 

Baca juga :

DJI akan Meluncurkan Mavic 2 Pro dengan Pilihan Banyak Lensa
Berkenalan dengan Pop Camera : Aplikasi Toy Camera untuk iPhone
Mau memotret cukup dengan tekan kacamata kamu? Bisa dengan Snapchat Spectacles!