lensa tele

Lensa yang memiliki panjang fokal 70- 200 mm tergolong pada lensa tele. Para fotografer biasanya menggunakan lensa ini untuk memotret satwa liar yang sulit didekati atau memotret candid. Selain itu, kamu bisa menangkap gambar dengan efek bokeh yang menarik dari jarak jauh. Jadi, apakah lensa ini patut ditambahkan menjadi lensa favoritmu? Berikut beberapa kelebihan lensa tele yang patut kamu perhatikan.

Memilih Subjek Jauh

Jika kamu ingin menarik perhatian ke aspek tertentu yang akan hilang jika mengambil gambar dengan focal length yang lebih lebar, gunakan lensa telefoto untuk mengisolasi subjek. Kamu juga dapat melakukannya dengan focal length yang lebih pendek, tetapi jangkauan telefoto yang lebih panjang membantumu untuk mengisolasi subjek yang agak jauh.

Membantu dalam stargazing

Fotomu mungkin tidak akan sebagus mereka yang menggunakan teleskop, tetapi kamu masih bisa mendapatkan bidikan bulan atau objek langit lainnya yang sangat baik dengan lensa tele yang panjang. Selain lensa yang sangat panjang kamu juga membutuhkan tripod, langit cerah, cuaca yang baik, pengamatan dan teknik yang baik. Jadi, lensa ini sangat direkomendasikan bagi kalian para stargazer!

Mengambil foto portrait

Memotret kepala atau memotret kepala dan bahu dengan panjang fokus yang lebih panjang dapat memberikan perspektif yang lebih baik. Dengan jarak ini juga berarti kamu tidak harus bekerja terlalu dekat dengan subjek dan sebagai hasilnya mereka akan lebih nyaman. Sehingga, foto yang kamu ambil akan terlihat lebih alami. Dengan fokus yang seperti ini, kamu dapat mengambil gambar tanpa ada distorsi dan latar belakang dapat diabaikan (blur).

Lensa tele menghasilkan gambar yang tajam

Lensa ini memiliki ketajaman yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan lensa kit sesuai bawaan kamera. Ketika menangkap gambar dengan zoom maksimal, hasilnya ketajaman gambarnya pun tetap tinggi. Termasuk juga ketika melakukan crop foto, tingkat dari ketajaman gambarnya masih tetap terjaga dengan baik.

Setelah melihat kelebihan lensa tele, kamu masih ragu untuk menambahkan ke dalam koleksimu karena bobotnya yang berat? Coba pertimbangkan Canon 55-250mm f/4-5.6, lensa ini memiliki jangkauan focal length yang cukup jauh. Rentang zoom yang dimiliki yaitu 55 sampai 250, dengan rentang tersebut kamu dapat mengambil foto candid yang baik. Nikkon AFS 70-300 f/4-5.6g juga bisa kamu pilih karena  lensa ini juga memiliki jangkauan yang lumayan jauh, yaitu 300mm.

Baca Juga:

Memilih Kamera yang Pas untuk Aktivitasmu

Cara Merawat Lensa

Fix dengan Lensa Fix