Leica telah mengumumkan varian kamera baru M10 terbaru pada tanggal 24 Oktober 2018, yakni adalah seri M10-D. M10-D mirip seperti M10-P yang telah dirilis saat musim panas lalu, dengan finish flat hitam, shutter yang tenang, dan sensor full-frame 24MP. Namun M10-P telah memberikan fitur kontrol sentuh pada LCD M10 original keluaran 2017, dan sebagainya. Kamera Leica M10-D merupakan kamera baru dengan jiwa analog.

Kamera Leica M10-D : Kamera Baru dengan Jiwa Analog
Sumber : The Verge / James Bareham

Baca juga : Flickr akan Mengakhiri Storage Gratis 1Tera dan Membatasi Hingga 1000 Foto Saja

 

Mengapa kamera ini disebut sebagai kamera berjiwa analog karena LCD belakang telah dihapus jadi sobat tidak bisa mereview foto-foto sobat ataupun mengubah setting dari kamera. Tapi, sobat harus memiliki konektifitas WiFi dan aplikasi Leica Fotos pada ponsel Android atau iPhone kamu untuk mengulas foto kamu ataupun mengedit foto sobat seperti mengubah white balance, kualitas JPEG, dan lainnya. Sobat juga bisa mengunduh foto sobat melalui aplikasi Fotos, maupun trigger kamera sobat.

 

Baca juga: Tips dan Trik Mencari Fokus untuk Foto Landscape

Dalam display LCD, terdapat tombol dial bulat untuk mengatur eksposur, menyalakan kamera, dan menyalakan konektifitas WiFi. Di atas kamera, tepat di belakang tombol shutter, ada tombol yang berfungsi untuk menempelkan film. Namun, karena M10-D bukan merupakan kamera analog, tombol itu tidak memiliki fungsi apa-apa. Tapi, sobat bisa menggunakannya untuk menaruh jempol sobat – alias tempat yang pas untuk grip sobat. Oh ya, casing dari kamera ini juga menggunakan kulit asli, loh.

 

Baca juga : Tips dan Trik untuk Memotret Kembang Api

 

Leica memaparkan bahwa kamera ini didesain untuk memberikan kenyamanan pada fotografi digital tanpa gangguan-gangguan yang lain seperti menu di dalam layar, terus-terusan review gambar – entah kurang cerah, ISO salah, zoom in sana, zoom in situ atau yang sering disebut para fotografer “chimping”.  M10-D sebenarnya bukan kamera pertama digital dari Leica yang tidak memiliki LCD screen. Beberapa kamera seri M juga tidak memiliki LCD screen, seperti model D dengan bodi kamera yang kosong di balik kamera. Tapi, M10-D merupakan kamera pertama dengan konektivitas WiFi dimana sobat bisa melihat foto-foto hasil sobat saat sobat bepergian, lewat HP maupun komputer.

Kamera Leica M10-D : Kamera Baru dengan Jiwa Analog
Sumber : The Verge / James Bareham

 

Memiliki kamera Leica M10-D mungkin bukan “cup of tea” sobat yang terbiasa dengan fotografi digital. Namun, kamera ini pas banget buat sobat yang hobi memotret analog ataupun menggunakan kamera Leica. Aplikasi Fotos terbaru pun tampak didesain secara clean cut dan sobat dengan mudah serta cepat menransfer foto sobat dari kamera.

 

Jika sobat pikir Leica M10-D pas buat sobat, mulai bulan lalu, kamera ini sudah bisa ditemukan di toko-toko terdekat. Leica M10-D dibanderol dengan harga $7,995. Aplikasi Fotos juga bisa diunduh di Google Play Store and iOS App Store.