kualitas visual image

Visual image kini menjadi penting. Mengapa? Banyak orang lebih menyukai visual image yang menarik, baik di media sosial maupun berselancar di dunia maya. Contohnya saja, sekarang banyak muncul teknik-teknik fotografi yang fokus pada hal tertentu, seperti company profile, food photography dan wedding photography. Untuk itu, kualitas visual image yang Sobat hasilkan juga harus bagus dan menarik, dong!

kualitas visual image
Tim Kinetic Indonesia memaparkan tentang social media marketing

Dalam dunia digital, visual image memliki peran dalam menarik atensi khalayak untuk membukasebuah postingan. Sebut saja postingan di Instagram atau social media lainnya. Perlu diketahui bahwa mengunggah konten visual image juga dapat mendukung strategi media sosial. Ini tak hanya berlaku pada media social berbasis gambar seperti Instagram, namun juga bisa dalam bentuk video atau infografis. Apapun bentuknya, kualitas visual image  tersebut haruslah menarik.

Sabtu (15/9) Tim Kinetic Indonesia berkesempatan menyampaikan materi social media marketing kepada pegawai Bank Indonesia di Illira Hotel, Banyuwangi. Dalam Workshop Social Media Marketing tersebut juga dibahas mengenai kualitas visual image. Terutama dalam menyiapkan konten postingan social media.

Baca Juga : Erwin Surya, Dapat Penghasilan Dari Hasil ‘Keisengannya’

Menciptakan Kualitas Visual Image yang Menarik

Ada beberapa cara untuk menghasilkan kualitas visual image yang menarik. Kali ini Infotografi akan memberikan ulasan singkat terkait hal tersebut.

kualitas visual image

Menerapkan Rule of Third

Sobat pasti sudah akrab dengan yang satu ini. Rule of third merupakan sebuah metode pengambilan gambar yang melibatkan komposisi tertentu. Tujuan dari penerapan metode ini adalah agar hasil gambar bisa terlihat selaras dengan cara kerja mata manusia dalam memindai gambar.

Metode ini dilakukan dengan cara membagi gambar dalam 9 kotak dengan ukuran sama besar. Jika Sobat menggunakan kamera smartphone, cukup gunakan menu grid untuk memunculkan kotak yang dimaksud. Dalam garis-garis grid tersebut membentuk titik temu yang menjadi titik di mana mata manusia cenderung menatap. Jadi Sobat tinggal menempatkan obyek foto pada titik-titik temu tersebut untuk menghasilkan kualitas visual yang menarik.

Baca Juga : 5 Tips untuk Newborn Photoshoot

kualitas visual image

Gunakan Warna Secara Konsisten

Menentukan palette warna dalam visual image itu penting karena hal tersebut dapat menciptakan perasaan tertentu pada audiens, Sobat. Untuk mendukung sebuah strategi branding misalnya, menggunakan palette warna yang sesuai dengan image brand akan membantu menguatkan brand tersebut. Penggunaan palette warna tersebut tentu harus diterapkan secara konsisten.

kualitas visual image

Manfaatkan Aplikasi Online Gratis

Hasil foto kurang menarik? Sobat bisa memanfaatkan aplikasi online gratis untuk editing gambar. Apa saja aplikasinya?

Pixlr ― ia disebut sebagai versi sederhana dari Adobe Photoshop. Sobat bisa mengunduh dan mulai editing dengan aplikasi ini.

Canva ― dengan banyak template desain, Sobat bisa memilih salah satunya sesuai kebutuhan. Aplikasi ini juga menyediakan gambar, foto vector dan font tertentu apabila Sobat ingin memulai desain dari nol.

Baca Juga : Kegelisahan Fotografer Pemula

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Sobat! Jika ingin berbagi tips lain seputar fotografi, bisa banget dengan diskusi di kolom komentar.