• Home

Komposisi Foto Terhits Agar Jepretanmu Makin Instagrammable

Pertarungan konten di sosial media menjadi makin sengit dari hari ke hari. Mulai dari pamer foto liburan terbaru, foto makan malam paling mahal, hingga foto hangout di lokasi yang paling hits. Tentu semua itu sah-sah saja, asalkan menggunakan komposisi foto terhits agar makin instagrammable ya!

Nah, tentu di jaman sekarang sebuah hasil jepretan kian menjadi bukti eksistensi bahwa “Aku berfoto maka aku ada”. Maka dari itu, banyak sekali foto-foto yang lalu lalang di social media yang terkadang membuat penikmat bergumam, “wih kok bisa ya njepret kayak gitu?” Bukan sulap, bukan sihir, semua itu bisa berhasil dengan adanya mata yang awas dalam memperhatikan komposisi foto terhits agar like dan komen yang kalian dapatkan semakin melimpah. Seorang traveler kondang asal Bali yang bernama Wahyu Mahendra pun berbagi resepnya di Instagram.

Sudah, kalian gausa minder dulu deh sama gadget yang digunakan, pokoknya dengan paparan cahaya yang tepat, atmosfir yang mendukung, serta model foto yang bahagia, jangan takut lagi buat salah jepret. Segera atur komposisi foto terhits agar hasil jepretan kalian makin digemari banyak orang.

Baca Juga : 5 Aplikasi Video Editor Smartphone Yang Mudah Digunakan

Belajar lah dengan metode amati, tiru, dan modifikasi. Berikut adalah beberapa komposisi foto terhits yang bisa kalian jadikan inspirasi:

Komposisi S

komposisi foto terhits
Unsplash

Apabila ada objek foto yang berbentuk kelok-kelok alias seperti huruf S, tentu bisa banget untuk dijadikan focus of interest dari jepretan kalian. Mungkin agak tricky untuk bisa menemukan komposisi ini, tapi sekali ketemu langsung atur agar posisinya makin paripurna dengan meletakkannya di tengah, sepertiga bingkai, maupun di antara tekstur.

Komposisi L

Mirip-mirip dengan komposisi S, namun tentu komposisi yang satu ini lebih sering ditemukan di kawasan urban. Dibalik kokohnya bangunan maupun jembatan yang sering kalian lewati, banyak sekali siku-siku yang berbentuk seperti huruf L yang bisa kalian jadikan sebagai bingkai foto.

50:50

komposisi foto terhits
Martin Damboldt

Komposisi setengah-setengah ini memang terlihat menarik di mata manusia. Objek yang rapi, dengan focus of interest yang terbagi dua akan selalu bisa menarik perhatian siapa pun. Apalagi kalua kalian bisa menemukan perpaduan warna yang tepat di antara kedua foto tersebut, makin joss!

Repetisi

komposisi foto terhits
Pixabay

Meletakkan focus of interest kalian di antara objek-objek yang berepetisi akan menjadi focus of interest kalian semakin outstanding. Penempatannya pun bisa beragam mengikuti sepertiga bingkai, di tengah bingkai, maupun mengikuti golden rule.

Baca Juga : Deretan Lensa Bokeh Murah Meriah Dengan Hasil Bening

Nah, menarik kan keempat komposisi foto terhits ini? Jadi, apabila ada hal yang menarik perhatian kalian, jangan langsung jepret! Sebisa mungkin tetap waspada dan atur komposisi kalian agar hasil foto kalian makin dan makin memanjakan mata.

adrkrist
Enthusiastic writer and wedding shooter

Discover

Sponsor

Latest

Mengenal Flare Lensa

Dunia Fotografi - Memotret langsung berhadapan dengan sumber cahaya memiliki konsekuensi berkurangnya kontras dan saturasi warna foto-foto kalian. Hal ini tentu akan membuat subyek...

Langkah Awal Bagi Fotografer Pemula

Fotografer Pemula - Sebagai seorang fotografer pemula atau baru belajar tentang dunia fotografi, artikel kali ini cocok untuk dibaca. Kami akan mengulas beberapa gagasan...

Bercerita Rasa Makanan Lewat Food Photography

Teknik Fotografi - Tertarik belajar tentang fotografi makanan atau yang sering disebut dengan food photography? Maka artikel tentang beberapa tips pengenalan food photography ini...

5 Aplikasi Video Editor Smartphone Yang Mudah Digunakan

Di jaman now ini, tentu tidak susah untuk melihat video log atau yang biasa disebut blog bersliweran di berbagai social media. Pastinya,...

GDT Nature Photographer 2013

Dunia Fotografi - Puluhan foto nature masuk ke putaran final kompetisi foto Nature Photographer of The Year 2013 yang diselenggarakan oleh Society of German...