komposisi foto menarik

Mendapatkan jepretan foto yang sempurna memang mustahil rasanya, namun bukan berarti tidak bisa. Salah satu aspek fotografi yang membuat foto menjadi cetar adalah pengaturan komposisinya. Apa sih rahasianya mendapatkan komposisi foto menarik yang disukai banyak orang?

Pertanyaan ini tentu bisa dijawab oleh Gatot Subroto. Fotografer yang menekuni genre foto lanskap dan human interest. Deretan foto dengan komposisi menarik berjajar di galeri foto online-nya. Gatot bersama dengan Fujifilm membongkar rahasia mengenai pengaturan komposisi yang cetar.

https://www.instagram.com/p/Bt-TSVDjsAv/

Baca Juga : Bermain Dengan Masa Lalu Dengan Aplikasi Kamera Vintage

Simak langkah-langkah untuk mendapatkan komposisi foto menarik agar hasil jepretan kalian makin wow:

Explore

Pastikan untuk mengenali tempat yang akan kalian tuju. Semisal ingin memotret lanskap tentu kalan bisa dating lebih pagi sehingga bisa berkeliling untuk menemukan spot yang menarik. Kalian juga bisa mencari informasi tentang tempat tersebut di Google. Jadi, bereksplorasi tentang objek yang hendak kalian potret menjadi poin yang penting. Carilah ‘point of interest’ alias objek yang menarik sebagai titik berat yang nantinya akan dilihat oleh penikmat foto kalian.

Isolate

Nah, langkah yang satu ini merupakan upaya kita sebagai fotografer untuk mengisolasi objek yang menarik tersebut. Dengan mengisolasi objek tersebut, tentu kita dapat lebih fokus untuk memahami berbagai elemen yang bisa mendukung keindahannya. Misalnya, saat memotret model, kita sudah dapat menangkap angle ‘cantik’ dari sang model, tentu kemudian kita bisa memikirkan pose yang tepat, hingga property yang bisa dikenakan.

Organize

https://www.instagram.com/p/Bt5mQO-BgB7/

Setelah menemukan objek yang menarik, memusatkan perhatian pada objek tersebut, kemudian tahap terakhir yang bisa dilakukan adalah menyusun ide-ide tersebut menjadi satu. Pastikan keseluruhan aspek-aspek pendukung objek foto tersebut berada pada susunan yang benar dan sesuai keinginan kalian. Sebagai contohnya saat memotret pemandangan pantai, pastikan agar horizon berada pada titik kemiringan yang tepat, atau menangkap momen ombak yang sedang terhempas.

Melalui tiga langkah tersebut, tentu kalian bisa mendapatkan sebuah komposisi foto menarik. Nantinya, kalian bisa menentukan komposisi seperti apa yang cocok dengan objek foto, maupun sesuai ide yang ingn kalian eksekusikan. Tentu ada beragam jenis kompossi foto menarik yang bisa kalian jadkan panduan, mulai dari rule of the third, golden section, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Komposisi Foto Terhits Agar Jepretanmu Makin Instagrammable

Sudah siap untuk mendapatkan komposisi foto menarik melalui tiga metode ini?