Kalau sobat suka banget koleksi kamera lama, mungkin sobat ingat kamera Super 8. Sebelum kamera VHS muncul di tahun ‘80an, kamera Super 8 benar-benar populer di kalangan pembuat film. Nah, setelah 30 tahun berlalu, akhirnya Kodak rilis kamera Super 8 versi baru. Umm, dengan harga berapa? Yak, tarik nafas dahulu : semua kamera Super 8 seri terbaru dibanderol dengan harga $2500 hingga $3000 alias sekitar tigapuluh juta rupiah. Wih!

 

Nah, sebelum kita membahas lebih jauh tentang kamera Super 8 terbaru, kita berkenalan dulu dengan Super 8. Super 8 dirilis tahun 1965 oleh Kodak. Strip film mereka memiliki lebar sekitar 8 milimeter. Karena area rekam kamera ini lebih besar daripada kamera 8mm standar, inilah yang membuat nama “Super” disandang oleh kamera ini. Super 8 juga memiliki strip metal oksida untuk merekam suara.

 

Film untuk kamera ini dikemas dengan cartridge yang membuat para amatir lebih mudah untuk menaruhnya di kamera. Maka dari itu, inilah mengapa kamera ini sangat populer di tahun ‘70an. Kamera ini masih sering dipakai oleh sekolah-sekolah film untuk mengajarkan dasar-dasar pembuatan film dan memegang peran penting dari sejarah: seperti film-film yang disutradarai J.J. Abrams serta Steven Spielberg yang menyutradarai film berjudul Super 8 di tahun 2011.

Kodak Rilis Kamera Super 8 Baru
Penampilan kamera Super 8 terbaru. Nggak jauh beda dari yang lama. Sumber : Kodak

Balik lagi ke seri terbaru Super 8 ini. Kamera ini memang worth it sih dibanderol dengan harga segitu. Kamera ini pas banget untuk sobat yang suka membuat film dan pas untuk diputar di TV ataupun layar yang lebih besar. Tentu saja, untuk editing, sobat perlu kerja yang lebih keras lagi deh : yakni mengajak banyak orang untuk mengedit. Kamera ini memiliki LCD viewfinder flip-out berukuran 4 inci, slot SD card, dapat merekam dalam 18, 24, 25, hingga 36 frame per detik, memiliki C-mount 6mm tetap, fokus manual lensa Ricoh 1:1.2, dan memiliki built-in light meter. Lebih serunya lagi, kamera ini didesain oleh Yves Béhar, seorang desainer produk kondang dari Swiss.

Kodak Rilis Kamera Super 8 Baru
Roll film untuk kamera Super 8. Sumber : Kodak

Walaupun sudah versi baru, Super 8 masih membutuhkan film. Kodak telah membuat empat jenis film untuk kamera ini, yakni Vision3 500T Color Negative (yang dibanderol seharga $35), Vision3 200T Color Negative (seharga $35), Vision3 50D (seharga $37) dan yang paling murah seharga $29, TXR-464. Setiap rolnya memiliki panjang 50 feet, pas banget buat film sepanjang 2 setengah jam. Tapi, kalau sobat ingin menransfernya ke digital, sobat juga perlu proyektor 8mm. Karena masih sangat jarang, sobat bisa mencarinya di eBay dengan harga kurang lebih dari $100. Menurut The Verge, mereka yang mengirimkan film mereka ke Kodak, Kodak akan memberikan format digital dari film sobat secara cuma-cuma, loh!

Kodak Rilis Kamera Super 8 Baru
Sumber : Kodak

Kodak membocorkan kehadiran Super 8 ini benar-benar kreatif. Pertama, mereka mengeluarkan potongan-potongan gambar yang telah diambil dari kamera Super 8 terbaru. Dengan warna khas Super 8, ada Cara Delevigne yang mengambil gambar behind the scene pemotretannya untuk majalah GQ, skateboarder untuk Vans, dan lainnya.

 

Terlihat blurry dan warnanya khas ala Super 8. Lalu, Kodak mengajak beberapa pembuat film maupun guru pembuat film tentang Super 8.

 

Sudah nggak sabar mencoba? Masih belum ada berita lebih lanjut tentang rilisnya kamera ini, namun telah dipastikan oleh Kodak bahwa rilisnya tahun ini. Tunggu ya!

 

Baca juga :