Kegelisahan Fotografer Pemula
Sumber : Uzone.com

Fotografer pemula, tidak hanya buat anda yang memang mempunyai bakat. Tetapi, bisa dipelajari asal anda memiliki niat untuk belajar. Apalagi harga kamera dan peralatan foto yang semakin terjangkau, maka tidak ada alasan untuk menunda-nunda keinginanmu. Apabila anda menaruh perhatian yang serius, kemampuan foto ini dapat anda kembangkan hingga dunia bisnis.

Baca Juga : Pahlawan Dibalik Lensa

Tapi jangan salah, ada beberapa kecemasan dan kegelisahan yang dirasakan oleh mereka yang baru awal belajar atau sebagai pemula. Ketahui apa saja diantaranya sebelum anda mengalaminya.

  1. Momen
    Hal yang utama biasanya dicemaskan oleh fotografer pemula yakni, kesusahan untuk mencari momen. Ini biasanya disebabkan oleh mereka yang cenderung terlalu banyak berpikir tentang bagus atau jeleknya hasil jepretan mereka. Tentu saja hal ini membuat mereka kurang peka dengan kondisi sekitar.
  2. Penyesuaian yang Lama
    Memang menjadi seorang pemula tidaklah gampang. Kita memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan cahaya, objek dan kamera. Namun, hal ini bisa disiasati dengan banyak berlatih dan melihat berbagai macam tips dan trik. Dengan begitu, maka saat melakukan proses produksi foto tangan dapat bergerak dengan leluasa dan fleksibel tanpa beban pikiran yang terlalu besar.
    Baca Juga : Youtuber Fotografer
  3. Arahan
    Bagi pemula memang wajar membutuhkan arahan. Kita dapat meminta bantuan teman atau orang lain. Bahkan kita juga dapat dengan mudah sekarang mengakses tutorial yang menjamur secara online. Namun ingat, arahan ini hanyalah saran. Sehingga, jangan sampai merasa tersekat dengan standar atau aturan yang dilakukan oleh fotografer lain.
  4. Tidak Pede
    Alasan nomor 4 ini memang paling banyak terjadi. Mereka yang mengaku sebagai pemula cenderung menikmati karya sendiri dan merasa tidak pede dengan apa yang mereka hasilkan. Perasaan rendah diri seperti ini jelas sangat disarankan. Karena, dalam dunia foto dan seni percaya bahwa tidak ada karya yang jelek atau tidak bagus. Karena, nilai dan taste dari seni berbeda satu orang dengan yang lain.
  5. Malas Berlatih
    Hal yang satu ini juga harus sangat dihindari. Tentunya seseorang tidak akan berhasil tanpa berlatih dan belajar terus-menerus. Bakat saja tidak cukup loh untuk membuat anda meraih keberhasilan.

    Jadi bagaimana, sudah yakin untuk mendalami dunia fotografi?. Selamat mencoba dan jangan menyerah.
    Baca Juga : Human Interest