Blackmagic Design Rilis Kamera Saku Sinematik yang Pas buat Para Videografer

Kalau sobat suka bikin film ataupun cuma bikin video-video footage biasa, kamera ini pas buat sobat deh. Blackmagic Design, sebuah perusahaan film digital dari Australia, tengah rilis kamera saku sinematik yang pas buat para sobat videografer nih. Nama kamera ini cukup “harfiah” banget, Pocket Cinema Camera 4K. Kamera ini beneran bisa merekam video di 4K, nggak kayak versi terlamanya, yakni hanya bisa merekam di format 1080p.

Blackmagic Design Rilis Kamera Saku Sinematik yang Pas buat Para Videografer
Sumber : Blackmagic Design

Tak hanya itu, kamera ini juga bisa merekam dalam 10-bit PoRes ataupun 12-bit RAW. Namun, tak seperti kamera versi terdahulu, kamera ini merekam dan langsung menyimpannya di external drive pada USB-C yang merupakan keuntungan terbesar ketika merekam dalam file RAW 4K. Versi ini sudah dirilis dan dibanderol dengan harga $1,295. Yaah, beda $300 dari versi terdahulunya.

Blackmagic Design Rilis Kamera Saku Sinematik yang Pas buat Para Videografer
Kamera Pocket Cinema Camera saat digunakan untuk membuat film. Sumber : Panorama Audiovisual

Kamera ini berukuran kecil untuk kamera sinematik, namun tidak terlalu kecil, kok. Lumayan besar dari versi terdahulunya, loh. Model terbaru ini memiliki display sebesar 5 inci di belakangnya – bukan 3.5 inci seperti terdahulu; terdapat sensor full-size Micro Four Thirds – sedangkan model terdahulu hanya sampai Super 16. Berita bagusnya lagi, Micro Four Thirds ini pas untuk memotet depth of field maupun cahaya yang kurang; dan masih bisa digunakan untuk mount lensa-lensa kebanyakan seperti Panasonic, Olympus, dan lainnya.

 

Baca juga : Lensa Kamera Kurus yang Bikin Motret Serangga Kelihatan : Laowa 24mm f/14 2x Macro Probe

 

Oh ya, bagi sobat yang belum kenal Blackmagic Design, Blackmagic merupakan si ahli dalam pembuatan alat-alat video pro. Dari kamera, peralatan broadcast, sampai ke software pewarnaan. Dalam lima tahun ini, mereka sudah mengeluarkan kamera kecil sinematik dalam harga yang kurang dari ribuan dolar dan merupakan favorit para pembuat film amatir ataupun yang masih low-budget.

 

Baca juga : Lensa terbaru dari Lensbaby, Sol, Bikin Foto Lebih Kece Lagi

 

Oh ya, kalau kamera ini dibandingkan dengan kamera-kamera lainnya, kamera ini sudah memberikan pro-grade dengan harga yang murah dibandingkan kamera-kamera cinema-grade lainnya, loh. Pocket Cinema Camera 4K ini telah memiliki banyak fitur yang menarik seperti konektor XLR mini, support LUT, mampu merekam 4K dalam 60 fps (masih terbatas sih; seperti kamera-kamera yang lainnya). Tapi, kalau sobat merupakan sang pembuat film yang sangat “bawel” dalam urusan lighting dan lingkungan sekitar saat sedang membuat film, kamera ini nggak pas buat sobat. Kamera ini nggak ada stabilisatornya, sensor kecil ini masih harus beradaptasi dalam cahaya yang kurang, butuh adaptor untuk mendapatkan depth-of-field yang bisa sobat dapatkan dari kamera full-frame ataupun kamera Super 35. Memang bukan masalah sih buat beberapa pembuat film, tapi bisa jadi masalah buat kalian yang suka buat film secara cepat ataupun bepergian di lokasi-lokasi ekstrim.

 

Baca juga : Berkenalan dengan Pop Camera : Aplikasi Toy Camera untuk iPhone

 

Namun, dengan begitu, apakah sobat tertarik mencobanya?