Zeiss Ciptakan Adobe Lightroom dalam Kamera Full-Frame dan Lensa Fix : ZX1- Setelah adanya Photokina, kamera-kamera canggih telah menghiasi dunia fotografi. Zeiss, sebuah perusahaan terbesar dari Jerman yang bergerak di bidang optik, meluncurkan kamera full-frame dengan lensa fix. Yang paling mengejutkan lagi, terdapat aplikasi Adobe Lightroom di dalamnya.

Zeiss Ciptakan Adobe Lightroom dalam Kamera Full-Frame dan Lensa Fix : ZX1

Kamera ini merupakan jantung dari Sony RX1 dan Leica Q – yakni memiliki point-and-shoot yang sangat canggih. Sobat memang tidak bisa mengganti lensa yang tertempel, yakni 35mm f/2.0. Tapi, sebagai gantinya, sobat memiliki sensor full-frame namun secara relatif kecil.

 

Baca juga : Leica Berikan Bocoran Kamera dengan Format Medium dan 64 MP

 

ZX1 menjadi kamera point and shoot yang fancy dengan beberapa spesifikasi yang asik. Seperti, kamera ini memiliki penyimpanan 512GB dimana sobat tidak perlu menancapkan SD card lagi dan kontrol kameranya pun sangatlah minimal. Terdapat tombol di atas untuk ISO dan shutter speed, dan cincin untuk apertur manual di lensanya.

 

Jika sobat ingin mengontrol potret sobat, sobat bisa melakukannya pada layar sentuh berukuran 4.3 inci. Bahkan, sobat bisa mengedit foto sobat dengan Lightroom di sini. Tak hanya itu, kamera ini memiliki fitur Wi-Fi, Bluetooth, koneksi USB-C.

 

Zeiss Ciptakan Adobe Lightroom dalam Kamera Full-Frame dan Lensa Fix : ZX1

 

Kamera ini juga seperti memiliki tablet Android mini yang membuat Lightroom ini bisa diakses dengan LCDnya. Memang sih, kalau sobat malas banget ngedit di kamera sobat, tapi tenang saja – Lightroom ini sangat-sangat pas dalam kamera sobat dan pas buat ngedit-ngedit dalam genggaman sobat, kok.

 

Baca juga :

Kapan dan Bagaimana Menggunakan Polarizing Filter
Kamera Instax Square SQ20 Fujifilm Kini dapat Merekam Video!

 

Pengumuman ini merupakan pengumuman yang mengejutkan karena Zeiss hanya meluncurkan lensa dan tidak pernah meluncurkan kamera digital. Kabarnya, tak hanya mengeluarkan kamera, nantinya Zeiss juga akan meluncurkan lensa baru.

 

Zeiss menyebutkan bahwa ini merupakan sebuah “konsep kamera”, namun sangatlah “nyata”. Kamera ini ditargetkan akan mulai dijual di pasaran di awal 2019. Mereka belum memberikan kejelasan harga, namun sobat bisa memprediksi bahwa kamera ini akan dibanderol dengan harga tinggi, mungkin lebih dari $3000 ke atas.