Jangan Sampai Salah Beli, Ini Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

0
556

Perkembangan kamera makin hari kian canggih. Di era kemunculannya, kamera Digital Single Lens Refect (DSLR) menjadi idola karena fitur-fitur yang melengkapinya. Namun, beberapa tahun terakhir, posisi kamera DSLR mulai digeser oleh keberadaan kamera Mirrorless. Ada beberapa perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless yang perlu Anda ketahui supaya tidak salah beli. Berikut ulasannya…

Baca juga: Memotret Foto Produk Fashion Untuk Online Shop

Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

Baca juga: Rekomendasi Kamera Vlog Untuk Pemula Dengan Hasil Maksimal

  • View Finder atau Jendela Bidik

Kamera DSLR dan Mirrorless memiliki perbedaan pada view finder. Kamera DSLR memiliki jendela bidik atau biasa disebut  Optical View Finder. Namun, pada mirrorless fitur ini digantikan oleh Electronic View Finder. Kelebihan EVF adalah Anda bisa mengatur ulang gambar yang tampak di LCD agar menghasilkan foto yang sesuai keinginan. Tapi tidak pada DSLR yang tidak akan tahu hasil foto seperti apa sebelum melihat layar LCD.

  • DSLR Lebih Besar dan Lebih Berat

Keberadaan cermin pada DSLR merupakan salah satu faktor yang membuat kamera jenis ini sulit didesain dalam bentuk yang ringkas. Sedangkan kamera mirrorless punya badan yang lebih kecil dan ringkas karena telah menghilangkan keberaan cermin. Sehingga nyaman untuk dibawa saat travelling. Namun, Kamera DSLR dan Mirorrless sama-sama mimiliki hasil foto yang baik.

  • Baterai Mirrorless Lebih Cepat Habis

Dengan bobot yang besar, DSLR memiliki kapasitas baterai yang besar. Sehingga dapat memotret seharian tanpa harus mengganti baterai. Bebeda dengan mirrorless. Ukuran baterai yang kecil sehingga kapasitas baterao pun lebih kecil.

  • Varian Lensa

Varian lensa DSLR mulai dari fish eye, lensa fix, hingga tele ratusan meter. Sedangkan Mirrorless masih sangat sediti yang memproduksi lensa dan belum sebanyak DSLR.

  • Image Stabilization

Baik kamera DSLR dan Mirrorless memiliki image stabilization. Nmaun, letaknya yang berbeda, jika DSLR di bagian lensa sedangkan Mirrorless ada dibagian body kamera.

  • Mirrorless memang lebih murah dibanding DSLR. Namun, belakangan mirrorless kategori high-edn sudah masuk kategori mahal. Tetapi jika sama-sama dibandingkan dengan DSLR tipe High-end, mirrorless tetap lebih murah.

Setelah membaca artikel ini. Anda semakin tahu kan perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless. Pasti ada kelebihan dan kekurangan dari tiap jenis kamera.

Baca juga: Tips Merawat Kamera Supaya Lebih Panjang Umur

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI