Kaleidoskop 2018 : Kebangkitan Kamera Mirrorless dan Fotografi Ponsel

0
702

Seiring dengan pertumbuhan zaman, semua orang lebih suka membawa sesuatu yang praktis. Bukan lagi sesuatu yang bisa mereka bawa-bawa di tas, namun sesuatu yang bisa mereka bawa di kantung mereka. Karena konsumen semakin menginginkan produk yang lebih praktis dan mudah di bawa, perusahaan-perusahaan kamera melihat ini sebagai sebuah dobrakan untuk jenis kamera. Inilah kaleidoskop 2018, tahun yang menandai sebagai kebangkitan kamera mirrorless serta fotografi ponsel yang lebih canggih.

 

Baca juga : Selayang Pandang tentang Photokina 2018, Pameran Fotografi Terbesar di Dunia

 

Photokina 2018

Kaleidoskop 2018 kamera Mirrorless Fotografi Ponsel
Photokina 2018

Kamera-kamera canggih keluaran perusahaan kamera raksasa semuanya dipamerkan disini. Photokina 2018 merupakan pameran fotografi terbesar di dunia. Pameran fotografi ini sangat diminati para penggiat dunia fotografi; dari jurnalis, amatir, kolektor, masyarakat umum, hingga fotografer. Pameran ini diadakan di Cologne, Jerman, pada tanggal 26 hingga 29 September 2018.  Di sini, kamera full-frame hingga medium-format mirrorless, lensa baru, dan lainnya banyak bermunculan. Photokina juga menjadi saksi kamera mirrorless Nikon pertama, Nikon Z6.

 

Nikon luncurkan kamera mirrorless pertama, Nikon Z6

Kaleidoskop 2018 kamera Mirrorless Fotografi Ponsel
Nikon Z6 dan Z7. Sumber : Nikon

Tak mau kalah dari produsen-produsen kamera terbesar di dunia, Nikon juga keluarkan kamera mirrorless full-frame pertama, Nikon Z6. Kamera ini memiliki lensa 24 MP, berkecepatan tinggi, dan mampu memotret dalam cahaya kurang sekalipun.

 

Kamera mirrorless full frame vs medium format

Kaleidoskop 2018 : Kebangkitan Kamera Mirrorless dan Fotografi Ponsel
Sumber : The Verge

Sang pionir pertama, Hasselblad, meluncurkan kamera berformat medium alias kamera yang mengadaptasi model kamera berformat film atauu kamera dengan sensor diatas frame film 35mm. Pionir kamera yang menjadi kamera pertama yang digunakan para astronot Apollo 11 untuk menjalankan misi ke bulan ini meluncurkan kamera Hasselblad X1D dengan kualitas 50 MP! Dan terlebih, kamera ini handmade, loh!

Kaleidoskop 2018 : Kebangkitan Kamera Mirrorless dan Fotografi Ponsel
Leica S3

Selain Hasselblad, Leica juga meluncurkan mirrorless medium format, bernama Leica S3 yang dilengkapi fitur rekam video 4K hingga 3fps. Ricoh GRIII juga berformat medium dan dilengkapi fitur rekam video hingga 1080/60p. Fujifilm GFX50R juga merupakan mirrorless bermedium format.

 

Produsen kamera lainnya tak mau kalah. Mereka menciptakan mirrorless full frame. Seperti Nikon Z6, Canon EOS R, serta Zeiss ZX1 yang dilengkapi dengan Adobe Lightroom dalam kamera untuk mengedit foto sobat secara langsung.

 

Baca juga : Kamera Polaroid OneStep 2 Kini Dilengkapi Fitur Bluetooth

 

Kamera Polaroid OneStep dilengkapi Fitur Bluetooth

Kaleidoskop 2018 kamera Mirrorless Fotografi Ponsel
Polaroid OneStep2. Sumber : Polaroid Originals

Sobat Infoto yang suka banget sama kamera Instax tapi suka kesel karena nggak bisa pake “trigger”, Polaroid Originals kini luncurkan OneStep 2. Kamera OneStep 2 ini dilengkapi bluetooth sebagai trigger dari jauh. Oh ya, yang lebih keren lagi ada mode light painting yang bisa membuat foto sobat terlihat unik dan estetik banget!

 

Yang jadul, jadi baru : Super8 dan film Kodak Ektachrome

Kaleidoskop 2018 kamera Mirrorless Fotografi Ponsel
Super 8 camera

Karena mulai banyak pengguna kamera analog, Kodak akhirnya meluncurkan ulang dua masterpiece mereka : Kamera video film nostalgik nan terkenal, Super 8 beserta film legendaris, Kodak Ektachrome!

Kaleidoskop 2018 kamera Mirrorless Fotografi Ponsel
Film Ektachrome

Kamera yang populer di tahun ‘70an dan menjadi alat rekam untuk film Super 8 yang disutradarai Steven Spielberg di tahun 2011 ini dirilis ulang dengan format yang lebih canggih. Super 8 ini dilengkapi dengan CD viewfinder flip-out berukuran 4 inci, slot SD card, dapat merekam dalam 18, 24, 25, hingga 36 frame per detik, memiliki C-mount 6mm tetap, fokus manual lensa Ricoh 1:1.2, dan memiliki built-in light meter.

 

Ektachrome, film yang populer di era ‘40an dan menjadi langganan untuk National Geographic karena menjadi mediator untuk foto-foto dengan kecepatan shutter 1/10,000 per detik tanpa filter. Belum ada berita lebih lengkap lagi tentang Ektachrome. Yuk, mari kita tunggu!

 

Baca juga : Moment Meluncurkan Lensa Telephoto 58mm untuk Smartphone, Wih!

 

Fotografi ponsel : Sembilan Lensa sampe Lensa Tele!

Kaleidoskop 2018 kamera Mirrorless Fotografi Ponsel
Lensa 58mm. Sumber : Moment

Selain kamera, kamera ponsel pun juga menjadi lebih canggih. Di tahun 2018, Moment, sebuah startup yang bergerak di bidang fotografi ponsel beserta aksesori fotografi ponsel, kini tengah meluncurkan lensa telephoto hingga 58mm. Wih!

Kaleidoskop 2018 kamera Mirrorless Fotografi Ponsel
Sumber : Light

Tak hanya itu, perusahaan Light, membuat ponsel dengan sembilan lensa 64MP! Wih! Padahal, kamera ponsel hanya bisa memotret hingga 12 MP saja kan?

 

The Lens Party : Lensa Kurus dan Lensa Antik Lensbaby

Kamera, kamera ponsel.. eits, lensa juga, loh! Di tahun 2018, saat Photokina, Venus Optics, sebuah startup asal Cina, meluncurkan lensa baru yang saaaaaaaaangat sangat kurus bernama Laowa 24mm f/14 2x Macro Probe. Lensa ini sengaja dibuat kurus dan panjang karena bisa memotret serangga. Wih!

Kaleidoskop 2018 kamera Mirrorless Fotografi Ponsel
Laowa 24mm f/14 2x Macro Probe. Sumber : Venus Optics

Selain itu, lensa-lensa antik dari Lensbaby juga bermunculan nih. Namanya lucu, ya? Lensbaby, aksesori kamera yang paling handal dalam membuat lensa spesial untuk membuat efek kreatif seperti efek vignet, fisheye, makro, dan sebagainya.

Kaleidoskop 2018 kamera Mirrorless Fotografi Ponsel
Lensbaby. Sumber : Lensbaby

Lensbaby mengeluarkan lensa-lensa baru dengan efek-efek keren seperti Burnside 35 yang memudahkan membuat efek bokeh atau vignet tanpa perlu editing; serta Sol yang membuat efek bokeh ala kamera vintage. Wih!

Kaleidoskop 2018 kamera Mirrorless Fotografi Ponsel
Hasil Lensbaby Burnslide 35mm. Sumber : Lensbaby

 

Seru banget trend kamera tahun ini, ya! Nah, kira-kira, ada trend apa ya di tahun 2019?

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI