Bosan dengan efek foto-foto begitu saja? Di artikel tips fotografi potrait dasar maupun trik fotografi yang tidak mahal, sobat infotografi sudah tahu beberapa trik kreatif yang harus kamu coba. Dari hairdryer, prisma, hingga fairy lights. Nah, dalam artikel ini, kamu akan menemukan banyak trik lagi. Inilah trik kreatif fotografi yang harus kamu coba! Tenang, beberapa trik ini tak perlu beli peralatan mahal, kok.

  1. Membuat efek hujan
Sumber Jovana Rikalo

Serius, membuat efek hujan. Tapi, tenang, kamu nggak perlu harus berdiri di luar dan basah kuyup diguyur hujan sementara model foto kamu duduk di dalam ruangan. Yang kamu butuhkan hanyalah bingkai foto. Disarankan untuk ukuran 16R ataupun 20R, dan kaca yang tembus pandang – tidak berbahan doff. Langkah selanjutnya, keluarkan alas kayu belakang foto dan rekatkan kaca dengan bingkai. Tetap hati-hati, ya!

Selanjutnya, semprot bingkai foto dengan semprotan; bisa bekas semprotan pelicin setrika atau apapun. Lalu, suruh sang model untuk memegang bingkai tersebut seakan ia merupakan foto di dalam bingkai tersebut dan tadaaa – jadilah efek hujan!

 

  1. Fairy lights
Sumber: Brandon Woelfel

Fairy lights alias yang biasa disebut lampu tumblr karena dipelopori oleh foto-foto tumblr. Sebenarnya, fairy lights ini gampang banget sobat dapatkan dan harganya bermacam-macam. Namun, sobat perlu cek dan ricek lagi : jika sobat ingin membawa fairy lights tersebut keluar ruangan dan tanpa perlu colokan listrik, pilihlah yang gampang dibawa kemana-mana. Ada beberapa fairy lights yang dijual namun masih perlu colokan listrik. Setelah sobat mendapatkan fairy lights, berkreasilah dengan fairy lights tersebut! Paling bagus ketika salah satu ujung fairy lights tersebut di depan lensa agar mendapatkan efek bokeh.

 

 

  1. Taplak meja brokat
Sumber : Julia Morozova

Ada taplak meja brokat yang bagus di lemari sobat? Keluarkan saja dan biarkan sang taplak does its own magic.

Kamu bisa berkreasi dengan taplak meja tersebut baik di hadapan wajah sang model ataupun menjadikannya sebagai efek bayangan yang nantinya efek tersebut jatuh dengan lembut di wajah sang model.

 

 

  1. Prisma
Sumber: Brandon Woelfel

Foto dengan efek pelangi dari prisma ini lagi hits banget, sobat. Kalau sobat ingat prisma untuk peragaan kelas ilmu pengetahuan saat masa sekolah, yup, prisma tersebut. Prisma ini akan menciptakan efek-efek pelangi yang bagus banget. Sobat bisa mengkreasikannya dengan menaruhnya di sisi pojok-pojok lensa sobat.

Macam-macam prisma

Prisma ini sebenarnya gampang didapat, kok. Sobat bisa cari di e-commerce favorit sobat maupun toko alat peraga sekolah dengan harga yang bermacam-macam. Oh ya, karena prisma ada bermacam-macam ukuran, sangat disarankan untuk membeli prisma yang agak panjang agar efeknya lebih terlihat dan lebih panjang.

 

  1. CD bekas

Kalau sekiranya sobat kesulitan mencari prisma dan masih ingin menciptakan efek pelangi, gunakan saja CD bekas. Sobat tinggal arahkan cahaya senter ponsel sobat ke arah punggung CD bekas atau sisi hologramnya dan letakkan di dekat lensa sobat.

cara menaruh CD bekas untuk menghasilkan efek pelangi. Sumber : Jessica Kobeissi

Lalu, sobat bisa arahkan jatuhnya efek pelangi tersebut di wajah model atau dimanapun semau sobat.

 

Nah, kini sobat bisa mulai mencobanya. Ingat, butuh beberapa percobaan agar mendapatkan foto yang bagus. Maka dari itu, jangan pernah menyerah untuk tetap berlatih. Kalau sobat berhasil mendapatkan foto yang bagus dari beberapa trik kreatif ini, kontak kami dan feel free to share!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.