• Home

Cara Jempol Dari Inijie Untuk Memotret Lowkey Photography

Di linimasa sosial media jaman sekarang sedang naik daun tren foto yang gelap-gelap. Gaya foto yang seperti itu bisa kalian sebut dengan lowkey photography. Nah, berbeda dari foto-foto biasanya yang selalu terang benderang, lowkey photography ini justru terlihat remang-remang temaram.

Lowkey photography ini memiliki teknik yang cukup tricky karena kalian harus bisa mengakali cahaya. Inijie pun beberapa kali mengatakan bahwa teknik ini bukan hanya sekedar bermain-main dengan angka exposure saja. Jadi, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum memotret lowkey photography ini.

Baca Juga : Meraup Keuntungan Dari Hobi Jepret Menjadi Bisnis Fotografi

lowkey photography

Ada lima langkah yang bisa kalian perhatikan sebelum memotret lowkey photography:

Background Gelap

Untuk mendapatkan foto lowkey yang paripurna, kalian kudu menggunakan background berwarna gelap seperti hitam misalnya. Tidak mesti background foto saja, namun kalian juga bisa mencari suasana yang ruangan atau lokasi dengan dekorasi yang gelap saat sedang memotret di cafe.

Properti Berwarna Netral

Gunakan properti dengan warna-warna netral seperti abu-abu, hitam, putih, atau kayu untuk memperkuat kesan lowkey-nya. Warna-warna netral atau muted dari properti ini tidak akan membuat objek kalah bersaing, karena memiliki kesan yang netral. Hindari penggunaan properti yang berwarna-warni.

Light Blocker / GOBO

Mungkin nama ini masih terkesan asing di telinga kalian, singkat cerita light blocker atau GOBO ini merupakan sebuah penghalang agar cahaya bisa dengan lebih mudah diarahkan dan diatur. Penggunaan GOBO ini tentu akan memaksimalkan arah cahaya agar tidak ambyar ke sisi-sisi yang tidak diinginkan. Kalian bisa membuat GOBO dari reflektor hitam, styrefoam hitam, papan hitam, ataupun kain hitam yang tidak tembus cahaya.

Simulasi Film Yang Tepat

Agar hasil jepretan lowkey photography kalian makin sempurna, kalian bisa menggunakan filter atau simulasi film yang tepat. Salah satu simulasi film yang jadi favorit para fotografer lowkey adalah Classic Chrome. Jangan sampe salah mengaplikasikan simulasi film yang justru menguatkan warna dari foto kalian ya!

Contrast & Lighting Metering

Keseluruhan proses memotret lowkey photography ini bisa diacungi jempol saat ada contrast dan lighting yang sangat menonjol di foto kalian. Beberapa kali Inijie sempat meresahkan keberadaan foto lowkey yang abal-abal dimana foto tersebut hanya menurunkan exposurenya saja, padahal foto lowkey yang benar adalah dimana objek terlihat lebih benderang dan menonjol dibandingkan suasana di sekitarnya.

Baca Juga : Cara Mudah Memotret Foto Dokumentasi Acara Yang Kece

Walaupun marak digunakan di foto per-kopi-an, kalian juga bisa lo mengaplikasikan gaya foto ini ke berbagai genre fotografi mulai dari, food, wedding, portrait, dan masih banyak lagi. Nah, apa kalian tertarik untuk mencoba gaya lowkey photography yang remang-remang ini?

adrkrist
Enthusiastic writer and wedding shooter

Discover

Sponsor

Latest

GDT Nature Photographer 2013

Dunia Fotografi - Puluhan foto nature masuk ke putaran final kompetisi foto Nature Photographer of The Year 2013 yang diselenggarakan oleh Society of German...

Membawa Kamera ke gunung dengan aman

Gunung adalah salah satu objek wisata tujuan ketika berlibur, namun pernahkah kalian berpikir bagaimana membawa kamera ke gunung dengan aman, mengingat kondisi di gunung...

Mirrorless ini Terbaik di 2019 Pertimbangkan Sebelum Membeli

Fotografi masih menjadi hobi yang diminati banyak orang saat ini. Mirrorless ini merajai pasaran karena dapat menentukan kualitas foto yang dihasilkan. Kamera...

Pemilihan Subyek Dalam Fotografi

Fotograri Pemula - Apakah Sobat InFotografi pernah bertanya-tanya tentang foto apa yang akan kalian ambil? Darimana Sobat bisa mendapatkan ide foto? Apakah Sobat akan...

Fotografi Arsitektur : Beginner’s Guide

Halo, kali ini Infotografi bakal mengajak kamu untuk memulai fotografi arsitektur ini 😆. Memotret arsitektur itu sebenarnya mudah, karena objek yang akan kita foto...