Mencari inspirasi ide bisnis makanan itu susah-susah gampang. Sebenarnya, ada banyak sumber ide bisnis makanan yang bisa anda tiru dan praktikkan. Namun, kadang ide bisnis makanan itu terlalu mainstream, butuh modal besar atau sulit dijalani sehingga tak kunjung anda lakukan.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa channel Youtube kuliner Indonesia berikut ini yang rajin membagikan ide bisnis atau ide jualan yang mudah dipraktikkan di rumahan.

Ide Bisnis Makanan dari Youtuber Kuliner Indonesia

Sobat Dapur

Channel Sobat Dapur yang telah memiliki lebih dari 1 juta subscribers ini dikelola oleh seorang Bapak berjuluk “Bang Sobat” bersama dengan anaknya, Nabila. Sobat Dapur sering membongkar resep-resep rahasia dari perusahaan makanan ternama seperti KFC, Richeese, Donat JCO, dan sebagainya. Hal tersebut menjadikan keunggulan dan ciri khas channel ini dibanding lainnya.

Agus Cuguy

Masih dengan channel Bapak-bapak, channel Agus Cuguy punya ciri khas dalam hal mengemas video karena menggunakan campuran bahasa Indonesia dan Sunda. Channel ini tergolong rajin membagikan inspirasi ide bisnis makanan. Sebagaimana slogannya, “modal sedikit-dikitnya, untung sebesar-besarnya”. Hampir semua videonya selalu mencantumkan modal dan keuntungan yang bakal di dapat.

Ide bisnis yang tawarkan pun sangat sederhana dengan bahan yang mudah didapatkan. Baginya, apapun bisa dijadikan bahan-bahan untuk menghasilkan uang termasuk nasi sisa, talas liar, daun bayam, daun lobak dan hasil bumi lainnya. Selain inspiratif, sesekali Agus Cuguy juga melontarkan humor receh untuk menarik perhatian penontonnya.

Baca juga: 4 Tips Membeli Kamera Pertama untuk Fotografi Pemula

Inspirasi Menarik ID

Inspirasi Menarik ID menyuguhkan ide bisnis makanan yang singkat, padat dan jelas. Kebanyakan berdurasi kurang dari 10 menit. Fokusnya menyoroti setiap detail-detail pembuatan dan jarang atau bahkan tidak pernah memunculkan wajah pembuatnya.

Dalam satu resep yang sama dibuat menjadi dua versi music dan non music. Jika Anda suka bisnis makanan yang berbau kue, maka channel ini bisa jadi referensi yang mudah dipahami dan tentunya anti gagal.

Mama Punya Cerita Vlog

Tak beda jauh dengan channel Inspirasi Menarik ID, channel Mama Punya Cerita Vlog ini lebih banyak membagikan inspirasi bisnis jajanan dan street food. Modal yang dikeluarkan dihemat sebisa mungkin dengan cara menggunakan bahan-bahan sisa dan mengkreasikan menjadi menu yang bernilai jual tinggi.

Baca juga: 6 Tips Sederhana untuk Fotografer Pemula

Nah, itu tadi rekomendasi Youtuber Kuliner Indonesia yang rajin membagikan inspirasi bisnis makanan. Anda dapat mencuri banyak ilmu dari mereka jika ingin merintis bisnis makanan.

Atau mungkin Anda malah lebih tertarik menjadi Youtuber Kuliner? Silahkan saja. Selain bermanfaat bagi banyak orang, Youtubers juga bisa menghasilkan uang. Alat untuk membuat video Youtube pun bisa dengan kamera seadanya, termasuk kamera smartphone. Seperti Agus Cuguy yang dulu hanya kamera ala kadarnya kemudian lama kelamaan dia meningkatkan kualitasnya. Bahkan kini ia sudah mempunyai 635ribu subscribers.

Yuk, lekas action sekarang juga!

Baca juga: Tips Menjadi Vlogger Kekinian