Ganti Lensa Murah ke Lensa Baru, Inikah Saatnya?

0
550

Sobat Infotografi pasti punya lensa murah yang menjadi favorit untuk dipakai saat hunting. Tapi, karena saking sudah lamanya lensa tersebut, inikah saatnya untuk ganti lensa murah kamu? Inilah tanda-tandanya kalau lensa sobat minta diganti!

Pertama, coba lihat kembali foto pertama yang dihasilkan dari lensa murah sobat. Lalu, bandingkan dengan foto-foto yang sekarang. Bagaimana? Terlihat lebih buruk atau biasa saja?

Langkah selanjutnya sebelum ganti lensa murah, yang harus sobat lakukan adalah mengecek aperture dari lensa sobat. Sobat bisa menggunakan cahaya yang terang dan kaca pembesar. Disini sobat bisa melihat apakah ada goresan ataupun kumpulan minyak pada pisau aperture pada lensa sobat. Sobat bisa mengecek adanya debu pada body lensa. Jika terdapat debu disana, sobat bisa mulai membersihkan di tempat service ataupun membersihkan sendiri.

ganti lensa murah
Sumber : Lifewire
h

Jika sobat mager banget buat pergi ke tempat service untuk membersihkan, sobat bisa membersihkan sendiri. Kepoin di sini aja yuk. Sering-sering bersihkan lensa sobat juga membuat lensa sobat jadi bersih terus dan menjauhkan dari minyak-minyak dan debu yang menumpuk, loh!

Baca juga :

Jangan Sampai Salah Beli, Ini Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

Yang kedua untuk mengenali apakah saatnya ganti lensa murah sobat adalah, perhatikan selama ini cara pemakaian lensa sobat. Mungkin sobat pernah nggak sengaja menjatuhkan lensa sobat; ini bisa juga salah satu penyebab kenapa ketajaman lensa sobat berkurang, loh. Bisa saja komponen internal di dalam lensa sobat ada yang melorot atau lepas ataupun bagaimana.

Biasanya, kalau lensa murah, permukaan pelindung atau protective coatingnya tipis. Beda lagi dengan lensa profesional, biasanya protective coatingnya tebal dan walaupun jatuh beberapa kali, komponen internalnya pun sangat kokoh.

Baca juga :

Teknik Fotografi Yang Perlu Diketahui Supaya Makin Profesional

Komposisi Dalam Fotografi yang Membuat Foto Menjadi Lebih Hidup

Ketiga, cek zoom atau focus ring lensa sobat. Kalau kaku banget untuk diputar, bisa jadi gara-gara pernah jatuh atau debu – biasanya kalau kalian pernah bawa ke gunung atau pantai, pasti banyak debu pasirnya, tuh. Kalau begini, bisa juga berdampak pada ketajaman autofocus kamu.

ganti lensa murah
Sumber : 3d Insider

Oh ya, sobat harus tahu juga bahwa lensa-lensa yang murah biasanya memiliki sensor crop yang kecil. Sebenarnya, semua lensa tidak dibuat sama. Lensa-lensa yang mahal biasanya memiliki ketajaman dan kokoh. Sobat bisa menggunakannya berkali-kali dan mampu konsisten menghasilkan gambar-gambar dengan kualitas bagus. Tentunya pas untuk fotografer profesional yang perlu untuk menyetak gambar dengan kualitas tinggi.

Kalau sobat hobi fotografi dan ingin memelajari fotografi lebih jauh, tentu saja lensa murah pas untuk sobat. Namun, lensa murah mampu kehilangan “kehebatannya” seiring berjalannya waktu.

Nah, apakah ini saatnya untuk ganti lensa?

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI