Kamera untuk Para Street Photographer : Fujifilm GFX 50R dengan Sensor Format Medium!

Kamera untuk Para Street Photographer : Fujifilm GFX 50R dengan Sensor Format Medium! – Saat Photokina, kamera-kamera mirrorless keren telah diluncurkan, termasuk beberapa kamera dengan sensor format medium. Nah, begitu juga dengan Fujifilm. Fujifilm juga meluncurkan kamera GFX 50R, kamera mirrorless dengan 51.4 megapiksel, berbaur dengan sensor format medium dan bodi yang pas.

Kamera untuk Para Street Photographer : Fujifilm GFX 50R dengan Sensor Format Medium!
Fujifilm GFX 50R. Sumber : Phoblographer

Well, pasti sobat berpikir bahwa kamera yang sudah paling profesional adalah kamera full-frame. Kamera full frame merupakan kamera dengan sensor yang setara dengan film 35mm (36x24mm) yang kini diemban oleh beberapa kamera DSLR terbaru dan kamera-kamera mirrorless. Sebenarnya, yang lebih profesional lagi adalah format medium. Sistem kamera Fujifilm mirrorless GFX telah muncul di Photokina 2016, yakni GFX 50S, yang dibuat 70 persen lebih besar daripada format full frame. Tahun ini, sobat bisa membeli GFX 50S sekitar $5,850 untuk body saja. Berita bagunya lagi, kamera terbaru Fujifilm GFX 50R ini akan dibanderol dengan harga yang lebih murah, yakni $4,500.

 

Baca juga : Leica Berikan Bocoran Kamera dengan Format Medium dan 64 MP 

 

Dengan menghilangkan pentaprism yang sebelumnya dipasang untuk viewfinder elektronik 50S, Fujifilm telah mengecilkan shooter format medium mereka menjadi format yang lebih bisa dibawa kemana-mana. Sobat masih merasakan OLED EVF dari 50R dan bodinya masih tahan banting terhadap semua cuaca. Tak hanya itu, beratnya lebih ringan 145 gram. Tebalnya kamera telah dikurangi hingga 145 gram. Ketebalan kamera telah dikurangi dari benar-benar seukurang dengan 50s, kini telah diberikan LCD monokrom di atasnya. Tentunya lebih kecil dan kontrol kamera yang kurang nyaman dan tidak sesuai dengan dimensi compactnya.

 

Baca juga : Kamera Compact Ricoh GRIII akan Diluncurkan Tahun Depan

 

Menurut Yuji Igarashi, manajer Fujifilm untuk divisi imaging di North Amerika, GFX 50R lebih ringan dan lebih compact daripada kamera mirrorless dengan sistem format medium. Ia juga menambahkan bahwa kamera ini pas banget buat mereka yang suka dengan street photography atau fotografi jalanan. Dari dokumenter, potret, hingga fotografi jalanan pun pas karena ringannya kamera ini. GFX 50R juga menambahkan konektivitas Bluetooth yang membantu sobat untuk mengirim gambar sobat ke tablet ataupun ponsel pintar sobat.

 

Baca juga : Zeiss Ciptakan Adobe Lightroom dalam Kamera Full-Frame dan Lensa Fix : ZX1

 

Dibandingkan dengan 50S, 50R telah kehilangan viewfinder electronic yang sangat membantu. Memang sih kehilangan, namun EVF kamera ini sangatlah bagus. Menurut Vlad Savov dari The Verge, 50S bisa pas untuk masuk ke dalam tas. Tak hanya itu, 50S memberikan grip yang pas, informasi “sekilas” juga bisa dilihat di monitor LCD yang ada di atas agar sobat tidak perlu keliru mengira-ngira tentang gambar yang akan diambil.

 

Kamera untuk Para Street Photographer : Fujifilm GFX 50R dengan Sensor Format Medium!
Sumber : The Phoblographer

 

Kamera Fujifilm GFX 50R dibanderol seharga $4,500 dan mulai dijual di pasaran di bulan November ini. Apakah sobat sudah tidak sabar?